• Bahasa

BPK Perwakilan Jabar Membangun Sinergi Dengan Humas dan Media

8 Nov 2018 Hanapi 208

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat, menggelar Workshop dengan mengundang seluruh Humas Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Kamis (08/11/2018) bertempat di Kantor BPK Perwakilan Jawa Barat, Jl. Moch Toha, Bandung.

Acara tentang Keterbukaan Informasi Publik tersebut mengusung tema Media Workshop 2018 "BPK Membangun Sinergi Dengan Media", dengan Manghadirkan narasumber, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat Arman Syifa, Perwakilan TVRI Herbert Marolop Sinaga, dan dari Biro Humas Provinsi Jawa Barat - Azis Zulfikar.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat Arman Syifa, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Humas Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, perwakilan Media cetak dan elektronik yang hadir atas undangan BPK.

"Humas mempunyai peran yang penting dalam menyampaikan informasi tentang pelaksanaan tugas pemerintahan, begitu juga peran media sangat membantu karena merupakan partner pemerintah dan juga bagi BPK dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat", sebut Arman.

Menurutnya dengan adanya workshop ini semoga akan membawa kabaikan buat kita semua sebagai alat komunikasi dan sebagai media dalam Keterbukaan Informasi Publik  sehingga masyarakat dapat mengetahui dalam kegiatan, keuangan dan yang lainya, sebagaimana amanat dalam UU Nomer 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Seperti yang selalu disampaikan oleh bapak Gubernur Jawa Barat, agar setiap instansi pemerintah harus menyediakan ruang khusus yang berkaitan dengan informasi serta dapat mengemas informasi tersebut ke dalam Teknik Informasi dan Komunikasi", jelasnya.

Sementara itu Biro Humas Provinsi Jawa Barat Azis Zulfikar mengajak semua awak media untuk bersama-sama mengawal pemerintah dalam keterbukaan publik supaya tidak adanya miss komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

"Media harus siap menyampaikan keterbukaan informasi ini dengan trasparan akan tetapi media juga harus menjembatani informasi tersebut serta menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya", katanya.

Narasumber lain, Herbert Marolop Sinaga dari TVRI, menyampaikan bahwa media harus memberikan contoh yang baik dalam penanyan informasi yang sifatnya mendidik, serta berita tersebut harus sesuai dengan kenyataan.

"Informasi yang selama ini di sampaikan melalui TVRI secara harus sehat, kuat dan mendidik sehingga tidak menimbulkan suatu berita yang bohong dan hoak", kata Herbert.

Menurutnya, insan Pers apabila akan mengangkat sebuah berita supaya dikaji dan diperiksa terlebih dulu, agar apabila dibaca oleh masyarakat tidak menjadi permasalahan dan penafsiran yang salah sehingga dapat menimbulkan kekisruhan  di masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat yang hadir dalam acara tersebut, peran kehumasan bersentuhan langsung dengan  masyarakat dan juga tentunya  rekan-rekan media, dengan adanya kegiatan ini dapat menyamakan persepsi dalam penyampaian informasi khususnya dengan Badan Pemeriksa Keuangan.

"Media Workshop ini dapat membangun sinergitas antara BPK dengan seluruh Humas Pemerintah Daerah dan juga media dalam pengemasan dan penyampaian informasi, selain itu akan lebih menjalin kerja sama yang baik antara pihak BPK, humas dan media untuk membangun komunikasi yang positif terutama dalam informasi hasil pemeriksaan BPK", sebutnya.

Menurutnya di Kabupaten Garut, Sinegritas Forkompimda dan Media selama ini berjalan dengan baik, seperti yang selalu di sampaikan oleh bapak Bupati dan bapak wakil Bupati bahwa ada satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan media yang merupakan hal penting dalam rangka membangun dan mewujudkan Kabupaten Garut yang bermartabat, nyaman dan sejahtera serta untuk mewujudkan Kabupaten Garut yang Takwa, Maju, Sejahtera.

Kegiatan Media Workshop 2018 ini diharapkan akan membentuk sinergitas antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan Humas Pemerintah Kabupaten/Kota beserta media, diantaranya menyampaikan peran dan fungsi BPK, penyampaian dan mempublikasikan hasil pemeriksaan, meningkatkan peran publik dalam pengawasan keuangan negara/darah sebagaimana ketentuan perundang-undangan dan pertukaran informasi dalam pengelolaan keuangan negara.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut