• Bahasa

BPN Garut Serahkan Sertifikat Tanah Warga Sindangprabu Wanaraja

11 Jul 2019 Hanapi 172

Dalam rangka realisasi program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Garut mengadakan acara menyerahkan sertifikat tanah kepada warga desa Sindangprabu, kecamatan Wanaraja, kabupaten Garut, Kamis (11/07/2019).

Dalam sambutanya Kepala Sub Seksi Penetapan Hak Tanah dan Pemberdayaan Hak Tanah Masyarakat, Wahyu Hidayat mengatakan, penyerahan sertifikat kepada masyarakat ini merupakan program PTSL tahun anggaran 2019.

”Ini merupakan bukti BPN yang serius dalam melaksanakan program yang dicanangkan Bapak Presiden RI Joko Widodo ini," kata Wahyu Hidayat.

Masih dikatakan Wahyu, dalam kesempatan ini BPN menyerahkan 100 sertifikat tanah yang telah selesai dikerjakan untuk selanjutnya diserahkan kepada yang berhaknya yakni masyarakat. BPN berjanji akan terus berkesinambungan dalam menyerahkan sertifikat ini apabila telah selesai menjadi sertifikat.

”Ini merupakan yang pertama diserahkan kepada masyarakat dalam program PTSL tahun anggaran 2019. Dan ini harus wajib diserahkan karena telah selesai dan menjadi sertifikat tanah, dengan harapan memicu kepada masyarakat untuk secepatnya menyelesaikan persyaratan yang harus dipenuhi dalam program PTSL yang sedang dilaksanakan di desa–desa penerima program PTSL," terang wahyu.

Kepala Desa Sindangprabu Asep Suryana menyampaikan, terima kasih kepada BPN Garut yang telah membuktikan keseriusannya dalam menangani dan melaksanakan program PTSL di desa Sindangprabu.

”Meski ini hanya baru 100 bidang sertifikat tanah yang diberikan kepada masyarakat dari rencana program 1200 bidang, tetapi dengan selesainya sertifikat yang langsung diberikan hari ini kepada warga Sindangprabu kami mewakili warga sangat berterima kasih kepada BPN”, ucap Asep Suryana.

Asep berpesan kepada masyarakat penerima sertifikat untuk berhati–hati menyimpan bukti kepemilikan hak atas tanah itu jangan sampai hilang.

Sementar itu ditemui usai acara, Kepala BPN Garut, H Hayu Susilo mengatakan BPN menargetkan Bulan Oktober 2019 seluruh data aplikasi penerima bantuan PTSL tahun anggaran 2019 sudah bisa masuk seluruhnya untuk segera diselesaikan dan menjadi sertifikat tanah.

”Untuk target tentunya ada, tetapi dilapangan sering ada kendala juga, tapi mudah–mudahan Bulan Oktober 2019 semua data aplikasi penerima bantuan program PTSL sudah bisa di proses," kata Hayu Susilo.

Dikatakan Hayu, tahun 2019 Garut menerima bantuan program PTSL dari Kementerian ATR/BPN sebanyak 92 Ribu bidang tanah yang saat ini menyebar di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Garut.

"Dengan antusias warga masyarakat Sindangprabu dalam menerima sertifikat ini, saya merasa puas atas kerjasama antara masyarakat dan petugas lapangan BPN dalam mendukung program PTSL," pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut