• Bahasa

Bupati Garut Buka Acara Panen Raya Padi di Kecamatan Pangatikan

23 Jan 2018 Admin 69

Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, membuka acara Panen Raya Padi dengan tema “Gerakan Panen dan Serap Gabah Petani Kabupaten Garut”, di Desa Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Selasa (23/01/2018).

 

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 062/Tarumanegara, Dandim 0611/Garut, Kepala Balai Karantina Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, Ster Kodam III/Siliwangi, Kepala BPS, Kepala Bulog​, BUMN, Bank BNI, dan Forkopimkec Pangatikan.

 

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Garut terus berupaya mewujudkan peningkatan produktivitas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan.

 

Lebih lanjut Bupati mengatakan, dengan diadakannya gerakan panen gabah yang diadakan oleh Kementrian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Garut serta didukung oleh BUMN, Bank BNI dan Bulog, ini merupakan suatu azas kebersamaan untuk memajukan para petani Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut yang sangat berpotensi sebagai lahan pertanian di daerah Jawa Barat.

 

“Kita berharap di tahun 2018 Kabupaten Garut akan memantapkan diri sebagai daerah yang swasembada pangan, sehingga kebutuhan pangan masyarakat Garut dapat terpenuhi oleh hasil produksi padi di Kabupaten Garut tidak harus mendatangkan dari daerah lain,” ujarnya.

 

Menurutnya, pada tahun 2018 Kabupaten Garut menargetkan pencapaian produksi padi sebesar 947.371 ton, produksi jagung sebesar 569.436 ton dan produksi kedelai 10.304 ton.

 

Dalam upaya mendukung pencapaian target pembangunan tersebut, menurut Rudy, pada tahun 2018 Dinas Pertanian Kab. Garut mendapatkan bantuan sarana sejumlah 6.750 hektar untuk komoditi padi sawah, 6.000 hektar padi gogo, 22.500 hektar untuk jagung dan 7.000 hektar untuk produksi kedelai.

 

“Kami berharap dengan kerja keras dan kebersamaan dari semua pihak, swasembada pangan di Kabupaten Garut bisa terus dipertahankan dan jumlah produksi pangan terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Garut serta menyuplai daerah diluar Garut,” ungkapnya.

 

Lahan pertanian LP2B merupakan lahan yang akan di perda-kan, supaya tempat ini menjadi tempat lahan pangan dan akan di pasang plang Lahan LP2B tidak boleh dijadikan lahan bangunan apapun termasuk industri dan perumahan, tegasnya.

 

“Kabupaten Garut merupakan daerah pesawahan yang sangat baik dijadikan proyek percontohan panen gabah, sebab beras yang di hasilkan petani Garut sangat baik,” pungkasnya.

 

(Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT