• Bahasa

Bupati Garut Dampingi Dirjen PDASHL Launching Model Desa RHL Berbasis DAS Sungai Cimanuk

11 Jul 2018 Hanapi 293

Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, mendampingi Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Dr. Ir. Ida Bagus Putera Prathama, M.Sc meresmikan program Rehabilitasi Hutan dan Lingkungan (RHL) berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Cilampuyang Kecamatan Malangbong, Rabu (11/07/2018).

Acara di hadiri Dirjen PDASHL, Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Dirjen Perhutani, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Danrem 062/TN, Forkompimda Garut, Forkompimkec Malangbong, Forum DAS, UNPAD, ITB, UNSIL, Para Relawan serta beberapa kepala Desa Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutanya Dirjen PDASHL, Dr. Ir. Ida Bagus Putera Prathama, M.Sc mengatakan, Upaya penanganan pasca bencana yang telah dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDASHL Cimanuk Citanduy sejak Tahun 2017 silam, sudah di lakukan melalui metode Reboisasi Konvensional, Aerial Seeding juga pembuatan DAM Penahan dan Gully Plug, hingga pembuatan model RHL berbasis DAS.

"Semoga dengan adanya Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang dilakukan dengan berbagai macam metode tersebut dapat mengurangi lahan kritis yang ada di hulu sungai DAS Cimanuk, sehingga diharapkan tidak akan terjadi lagi bencana alam berikutnya," ungkap Dirjen PDASHL.

Sementara itu, Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH menyambut baik dengan adanya Desa Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) berbasis DAS, ini menunjukan suatu model untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat.

Bupati menambahkan, kami juga sudah mengintruksikan Dinas terkait dan jajaranya agar daerah aliran sungai cimanuk harus menjadi prioritas utama sebab sungai Cimanuk merupakan aset bagi Kabupaten Garut yang harus di jaga kelestarianya.

"Dengan menanam pohon di pinggiran sungai cimanuk akan memperkuat pinggiran sungai, serta dibuat benteng yang tinggi untuk keamanan warga setempat yang kedepanya akan menjadi objek wisata yang sangat indah," pungkas Bupati Garut.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut