• Bahasa

Bupati Garut Hadiri Serah Terima Pengelolaan TTP Cikajang

13 Feb 2018 Admin 144

Acara serah terima pengelolaan Taman Teknologi Pertanian TPP Cikajang yang diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat pada Pemerintah Kabupaten Garut serta Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Garut dengan BPTP, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Perternakan Universitas Padjadjaran dihadiri oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin, 12 Februari 2018.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kelapa Dinas Perikanan dan kelautan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Jawa Barat, Kepala Balai Penelitian Sayuran Provinsi Jawa Barat, Kepala Balai Penelitian Peternakan Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Rektor Universitas Garut, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Perwakilan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Perwakilan Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, Perwakilan Dekan Fakultas Perternakan Universitas Padjadjaran, serta beberapa perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebutkan, Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah agraris di Jawa Barat yang kaya akan potensi sumber daya alam dengan berbagai keragaman komoditasnya, oleh karena itu sangatlah tepat jika TTP Cikajang ini dapat terus berkembang untuk mendukung pengembangan agro bisnis dan agro industri hortikultura khususnya pada beberapa komoditas sayuran dan buah-buahan, menurut Rudy.

“TTP ini diharapkan mampu menjadi wahana untuk mempercepat alih teknologi dan sekaligus mendekatkan inovasi hasil penelitian dan pengkajian untuk bisa berkontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Garut” ungkap Rudy.

Semenatara itu Kepala TTP Cikajang Sukmaya mengatakan, sejak dimulai tahun 2015, pembangunan TTP ini sudah menginjak tahun ke-4. Dengan tujuan sebagai pusat pengembangan teknologi sayuran dataran tinggi terutama kentang, jeruk, domba dan pengolahan hasil pertanian serta ternak sapi, TTP ini diharapkan menjadi kawasan agrobisnis hortikultura dataran tinggi unggulan nasional berbasis inovasi teknologi ramah lingkungan, ungkap Sukmaya.

Lebih lanjut Sukmaya menjelaskan bahwa TTP ini berkembang dengan baik, hal ini ditinjau melalui hasil pertanian seperti kentang dan ternak domba yang terus mengalami peningkatan. Hal ini didukung oleh fasilitas mesin-mesin yang canggih salah satunya alat yang bisa memprediksi kehamilan pada domba. Selain itu, prestasi lain yang dikembangkan oleh TTP ini yakni menjadi tempat agrowisata yang bisa menarik 1700 pengunjung setiap bulannya.”

Dari 26 TTP yang tersebar di seluruh Indonesia, TTP Cikajang merupakan salah satu TTP Terbaik dari hasil evaluasi oleh tim Monev Kemeterian Pertanian, ungkap Dr. Liferdi (Kepala BPTP Jawa Barat) dihadapan Bpk Bupati Garut.

Selain itu beliau menjelaskan bahwa TTP merupakan suatu upaya untuk mempercepat hilirisasi inovasi pertanian kepada petani yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan pertani.

“Kita banyak menyaksikan bahwa hasil pertanian yang ada di pasaran itu banyak yang import. Hal ini disebabkan karena lahan, modal, dan ilmu para petani yang terbatas sehingga hasil pertaniannya pun dilihat dari segi kualitas dan kuantitas kurang memuaskan jadi tidak mampu berkompetesi. Semoga dengan adanya TTP Cikajang bisa menimbulkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk maju dan mau mengembangkan sektor pertanian modern.” Ungkap Ka BPTP.

Sebagaimana diketahui pada tahun 1995, Taman Teknologi Pwrtanian (TPP) yang di inisiasi oleh Kementerian Pertanian dan Universitas Padjajaran, walaupun baru tiga tahun dan sekarang menginjak tahun ke empat, pengelolaannya harus sudah diestafetkan kepada Pemerintah Kabupaten Garut.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT