• Bahasa

Bupati Garut Menghadiri HUT ke 33 Senam Tera Indonesia dan HUT Apoteker Sedunia

16 Oct 2019 Hanapi 159

Kabupaten Garut menjadi tuan rumah Gebyar Senam Tera se-Jabar dalam rangka Hari Tera Indonesia (HATERI) Ke 33 tahun 2019 dan Hari Apoteker Sedunia di Lapang Otista Alun-alun Garut, Minggu (13/10/2019).

Ribuan peserta senam Tera perwakilan dari 12 kabupaten/kota hadir di Kabupaten Garut untuk bersama-sama melaksanakan senam bersama bersama Bupati Garut H. Rudy Gunawan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Senam Tera Indonesia (HUT) ke 33.

Dalam sambutannya Bupati H. Rudy Gunawan mengucapkan selamat HUT Senam Tera Indonesia yang ke 33, Senam Tera Indonesia memberikan andil dan peran yang sangat besar dalam ikut serta menyehatkan warga kabupaten Garut.



”Kegiatan ini sangat luar biasa yang dilakukan dengan konsisten dan periodik, dan untuk di Garut dilakukan oleh anggotanya yang sangat militan” ucap Bupati Garut.

Bupati menyebutkan, di hari ini berbarengan juga dengan kegiatan hari Farmasi sedunia, dimana dua hal ini sangat berhubungan erat dengan masalah kesehatan.

”Saya sampaikan bahwa, ini adalah kegiatan yang sangat baik, moment yang luar biasa, tentu Bapak Ibu kalau sakit pasti minum obat, tetapi olahraga itu merupakan obat utama supaya kita sehat dan tidak sakit” terangnya.



Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa, untuk kegiatan HUT Senam Tera Indonesia yang akan diselenggarakan di kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur dirinya akan memberikan akomondasi untuk 3 orang perwakilan kabupaten Garut selama berada disana.

”Untuk akomodasi ke Samarindah nanti saya akan berikan Kadeudeuh untuk 3 orang pengurus, bagi yang paling tua dan 2 orang lainnya, sementara untuk yang lainnya nanti di atur lebih lanjut oleh Ketua Pengcab Garut pak Suherman", pungkas Bupati.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Senam Tera Indonesia H. Suherman menyampaikan Senam Tera Indonesia (STI) merupakan latihan fisik dan mental yang memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar serta berkesinambungan.



”Senam Tera ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mepunyai dasar olah pernapasan yang dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olah raga kesehatan. “Tera” berasal dari kata “terapi” yang mempunyai arti penyembuhan/pengobatan. Dalam praktek Senam Tera bukan saja mempunyai manfaat pengobataan (kuratif) tetapi juga besifat pencegahan (preventif) dan mempunyai sifat penyembuhan sakit” kata Suherman yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kab. Garut.

Suherman menambahkan, kegiatan ini dihadiri 12 Kabupaten/kota yang langsung hadir dan ikut  meramaikan perayaan HUT STI ke 33, dan juga disertai dengan beberapa kegiatan dan perlombaan yang dilaksanakan sejak kemarin.

”Untuk di kabupaten Garut, Senam Tera Indonesia (STI)) telah berkembang pesat diberbagai kecamatan yang ada di kabupaten Garut, sementara untuk di kota Garut sendiri kegiatan STI diadakan setiap hari Minggu, Rabu dan Jumat, selama kegiatan itu kita menggunakan dana sendiri hasil dari sumbangan peserta dan bantuan pribadi dari Bupati Garut” pungkasnya.



Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT