• Bahasa

Bupati Garut : Mobil Oprasional Disdukcapil Mulai Beroprasi Layani Warga Masyarakat Garut

12 Feb 2018 Admin 180

Bupati Garut H. Rudy Gunawan dan Wakil Bupati dr. Helmi Budiman didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut Hj. Rina Siti Sabariah, menggelar launching mobil layanan pencatatan kependudukan di Lapang Apel Sekretariat Daerah, Senin (12/02/2018).

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, dengan di luncurkannya mobil layanan keliling ini akan membantu petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, walaupun sekarang baru satu kendaraan tentu sangat membantu sekali, apalagi kalau nanti yang rencananya akan menambah lagi dua kendaraan layanan, sudah di pastikan akan sangat meringankan pekerjaan selama ini dan tentunya akan mempercepat proses pembuatan layanan baik KTP maupun Kartu Keluarga atau yang lainya.

"Mobil layanan pencatatan kependudukan Disdukcapil Garut sudah di rencanakan satu bulan yang lalu cuma masih terkendala peralatan yang kurang memadai, semoga sekarang semua masyarakat akan merasakanya dengan adanya mobil keliling Disdukcapil yang akan beroprasi nantinya ke 42 kecamatan", sebut Rudy

Sementara itu Kepala Dinas Disdukcapil, Rina Siti Sabariah, mobil opresional ini bekerja sama dengan pihak telkom yang nantinya akan beroprasi ke bergai tempat khususnya ke kecamatan-kecamatan yang membutuhkan bantuan pelayanan semoga tidak ada hambatan dan akan terus berjalan dengan baik supaya tidak mengecewakan warga yang membutuhkan pelayan, dan sistemnya juga tidak sering bermasalah, karena itu yang menjadi kendala dan lambat melayani masyarakat", katanya.

Rina menambahkan dengan beroperasinya mobil layanan maka pelayanan administrasi dan catatan kependudukan bisa dilakukan di mana asal tidak ada hambatan dari sistem alat yang ada di servernya, sehingga  masyarakat yang hendak mengurus catatan kependudukan, bisa datang ke kantor atau sekarang kami datang ke berbagai tempat, ujar Rina.

"Rencananya kedepan akan tambah lagi dua kendaran, sehingga akan semakin cepat memberikan pelayanan, tentunya akan lebih meningkatkan pelayan dan juga sangat membantu anggotanya  untuk lebih meningkatkan pelayanan  terhadap masyarakat", terang Rina.

Kepala Disdukcapil ini juga menjelaskan, untuk menghadapi Pilkada serentak, nantinya Disdukcapil akan terus berupaya membereskan semua KTP yang masih tinggal 40 persen lagi, supaya dalam pelaksanaan pencoblosan nanti semua warga Garut bisa memiliki KTP dan hak pilih sesuai yang di sampaikan bapak bupati agar warga masyarakat bisa mempunyai hak pilihnya dan juga yang akan dipergunakan masyarakat dalam keperluan adminitrasi di berbagai kebutuhan, karena dengan KTP yang merupakan alat bukti kependudukan yg sah sebagai warga negara Indonesia, papar Rina.

"Kita juga menghimbau agar warga masyarakat yang belum mempunya KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran dan Akte Kematian agar segera melapor dan datang langsung ke kecamatan dan kantor Disdukcapil yang membuka layanan 24 jam", ungkapnya.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT