• Bahasa

Bupati Garut Resmikan Sanggar Forum KPMD 3 Desa

18 Jan 2018 Admin 53

Bupati Garut, Rudy Gunawan SH MH, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Hj Diah Rudy Gunawan, meresmikan Sanggar Forum Komite Pendidikan Masyarakat Desa dan Kelurahan (KPMD) dari 3 Desa dan Forum Anak 3 Desa di Aula Desa Limbangan Timur, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Rabu (17/01/2018).

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Kasi Media Publik Kehumasan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Tantan Herdiana, Camat Limbangan, Kapolsek Limbangan Drs Arif Rumdana, kompol Asep Suherli SH, Danramil Limbangan, Kapten Inf A Juanda, Ketua Sanggar Forum KPMD 3 Desa, Lia Mulyanawati, Ketua MUI, Para Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Sanggar Forum, Lia Mulyanawati mengatakan, KPMD 3 Desa ini terdiri dari Desa Limbangan Timur, Galeuh Pakuwon dan Desa Cigawir. Saat ini tantangan dan permasalahan yang menyangkut kebutuhan dasar anak masih terus diupayakan, baik kesehatan, pendidikan maupun aspek perlindungan. Karena, imbuh Lia, ini cukup penting sehingga angka tindakan kekerasan, pelecehan seksual dan tindakan lain yang merugikan masa depan anak-anak bisa diatasi secara mandiri oleh masyarakat, cetusnya.

“Objek Sanggar Forum KPMD 3 ini adalah fenomena partisipasi masyarakat dalam pembangunan pendidikan non formal. Sedangkan subjeknya adalah anak putus sekolah dan disabilitas. Berkaitan dengan dukungan pada pemenuhan hak-hak anak dibutuhkan peran aktif semua pihak, baik pemerintah Desa, masyarakat dan organisasi yang peduli pada kepentingan anak,” jelas Lia.

Lia Mulyanawati menambahkan, sanggar belajar yang didirikan merupakan wujud nyata komitmen KPMD bersama pemerintah untuk turut serta memberikan fasilitas yang diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan edukasi bagi anak remaja rentan, pembelajaran keterampilan, menjahit, rias pengantin dan kegiatan lainnya,” terang Lia kepada wartawan.

Sementara dalam paparannya, Bupati Garut berharap kepada kader masyarakat ini mampu dan siap menjadi ujung tombak desa yang menjadikan desa maju, mandiri dan demokratis dan di harapkan pula KPMD berperan aktif sebagai penggerak prakarsa masyarakat desa.

“Melalui program Smart, KPMD ini sudah berkembang dan melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Garut sejak dua tahun yang lalu. Kadernya direkrut dari anak-anak yang putus sekolah dan disabilitas guna mengikuti pelatihan-pelatihan dasar keterampilan. Kami berharap KPMD ini juga berkembang di setiap kecamatan,” pungkas Bupati Garut.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Garut meresmikan dan mendatangani prastasi gedung KPMD 3 Desa dan memberikan santunan langsung kepada Ketua Forum Sanggar KPMD 3 Desa, Yuli Mulyanawati.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT