• Bahasa

Bupati Garut Sambut Kedatangan Warga Garut Pengungsi Banjir Bandang Sentani Papua

24 Mar 2019 Hanapi 271

Empat pengungsi korban banjir bandang kabupaten Sentani provinsi Papua yang sempat tinggal di pengungsian akhirnya tiba di kabupaten Garut. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan didampingi Sekertaris Daerah H. Deni Suherlan, Asisten Daerah I Didit Fajar Putradi, dan Plt Dinas Sosial di Gd. Pameungkang Garut, Minggu (24/03/2019).

Warga Garut yang tiba di merupakan 3 orang asal desa Depok, kecamatan Pakenjeng bernama Rina Yuliana (28), Rina Wati (26), Alma dwi alexsania (4) dan 1 orang asal desa Sukawangi kecamatan Cisurupan bernama Risman (34).



Bupati Rudy Gunawan mengatakan, mendengar cerita yang disampaikan para pengungsi yang baru saja tiba, kondisinya sangat memprihatinkan.

”Kita sangat prihatin kondisi pengungsi yang ada di sana saat ini setelah mendengar cerita yang disampaikan oleh anak – anak kita yang baru saja tiba di Garut,” kata Bupati Garut.

Lanjut Bupati, kita akan terus meng update siapa saja warga Garut yang saat ini masih berada di pengungsian Sentani Papua, dan Pemkab segera memfasilitasi kepulangannya hingga tiba di kampung halamannya.



”Saat ini info yang diterima langsung oleh saya (Bupati) ada 11 warga Garut yang masih tinggal dipengungsian dan berharap untuk bisa pulang ke Garut, Kita tunggu datanya untuk segera dipulangkam secepatnya," ujar Bupati Rudy Gunawan.

Selain itu lanjut Rudy Gunawan, info yang baru saja di terima dari warga yang baru tiba terkait masih banyaknya warga Jawa Barat yang tinggal dipengungsian, akan segera dikomunikasikan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

”Karena dari apa yang disampaikan, mereka diamantkan untuk disampaikan ke Gubernur dan Bupatinya untuk bisa menjemput kepulangan ke kampung halamannya, mereka ada yang dari Subang dan daerah lain di Jawa Barat," jelasnya.



Sementara itu Siti Jenab (32) keluarga korban pengungsi yang ikut menyambut di Pendopo Garut mengucapkan terima kasih kepada Bupati Garut H Rudy Gunawan yang telah merespon cepat keinginan keluarganya untuk pulang ke Garut setelah hampir seminggu tinggal dipengungsian Sentani Papua.

”Saya berterima kasih sekali kepada Bupati Garut dan Jajaran Pemkab Garut yang sangat merespon dengan cepat keinginan adik dan saudara saya yang ingin pulang ke Garut setelah tertimpa bencana banjir bandang di Sentani Papua," ucap Siti Jenab.

Masih kata Siti Jenab, kesigapan Pemkab dan Bupati Garut atas laporan yang dilakukan dari mulai tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan hingga sampai ke Bupati Garut sangat cepat.



”Hanya Satu hari dari laporan yang saya sampaikan ke RT dan RW, Bupati Garut langsung merespon dengan menjemput ke 3 Adik dan 1 saudaranya dari Papua menuju Garut," ungkapnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut