• Bahasa

Diskominfo Sosialisasikan Jabar Saber Hoaks di Arena Car Free Day

10 Feb 2019 Hanapi 779

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar bersama Diskominfo Kabupaten Garut mensosialisasikan Jabar Saber Hoaks di arena Car Free Day, Jalan A. Yani Garut, Minggu (10/2/2019).

Antusiasme warga tumpah ruah menikmati alunan musik bersama artis lokal tepat di depan Kantor Bakorwil Priangan. Selain hiburan, masyarakat juga mendapat souvenir khas Diskominfo Jabar.

Menurut Kepala Bidang IKP, H. Dedi Dermawan, SH, MM, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Kebetulan hari ini kami hadir Garut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-206 Kabupaten Garut, diselingi diseminasi Jabar Saber Hoaks," ujarnya didampingi Kasi Kemitraan Komunikasi Diskominfo Jabar, Kusnadi dan Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Garut, Yan Agus Supainto.



Selain kegiatan ini, Diskominfo Jabar dan Garut bersinergi untuk mensosialisasikan Jabar Saber Hoaks, termasuk dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan sosialisasi ke kalangan pelajar, kelompok masyarakat, guru, dan ASN.

Menurut Yan Agus Supianto, Jabar Saber Hoaks sendiri bertujuan guna memantau dan menerima informasi hoaks di media sosial, serta melakukan klarifikasi dan sebuah informasi hoaks.

Disamping itu, Jabar Saber Haoks bertujuan sebagai edukasi literasi digital, melawan hoaks dan konten positif kepada masyarakat melalui media sosial (online) dan secara langsung (offline) se-Jawa Barat.

"Diharapkan akan tercipta kondusifitas Jawa Barat, khususnya Gafut dari peredaran berita hoaks," pungkasnya.



Tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro pada Jumat (7/12/2018).

Secara singkat, tim di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jabar itu bertugas untuk memverifikasi segala bentuk informasi yang meresahkan masyarakat, khususnya di ranah digital. Unit kerja itu juga dibentuk untuk meningkatkan literasi digital serta sikap kritis masyarakat terhadap keberadaan berita bohong.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut