• Bahasa

Jelang Mudik Lebaran, Kemenhub Pasang Pintu Lintasan KA Bangbayang Garut

21 May 2019 Hanapi 247

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memasang pintu perlintasan rel kereta api Kampung Bangbayang di Jalan Raya Kadungora-Cijapati, Kabupaten Garut, Senin (20/05/2019).

Acara Ground Breaking pemasangan pintu perlintasan kereta di kampung Bangbayang dihadiri, Wakil Bupati Garut H Helmi Budiman, Kadishub Garut Suherman, Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna, Perwakilan Dandim 0611/Garut, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jabar Achyar Pasaribu dan Forkomkec Kadungora.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, pemasangan palang pintu kereta tersebut sudah dinanti warga di sekitar perlintasan sejak lama. Pasalnya sudah banyak korban jiwa karena tak ada palang pintu.



"Jadi bukan untuk arus mudik saja. Keinginan ini (pasang palang pintu) sudah lama. Kami usulkan ke Gubernur dan Kementerian Perhubungan. Sekarang diintruksikan untuk dipasang," ucap Helmi.

Menjelang arus mudik, lalu lintas kereta api akan semakin meningkat. Pemasangan palang pintu bisa jadi antisipasi agar tak terjadi kecelakaan.

"Walau bukan lebaran sudah padat arus lalu lintas keretanya. Palang pintu bisa bantu keselamatan pengendara," katanya.

Pihaknya sudah berkali-kali mengusulkan pemasangan palang pintu tersebut. Pemasangan tersebut merupakan kebijakan dari Kemenhub. Selain di Bangbayang, Pemkab Garut juga mengusulkan beberapa titik pemasangan palang pintu.

"Seperti di Cikembulan dan Cangkuang itu harus dipasang. Ada enam palang yang kami usulkan," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jabar Achyar Pasaribu mengatakan, pembangunan palang pintu penjaga perlintasan KA ini rencananya rampung dikerjakan seminggu ke depan.

"Target tanggal 27 Mei 2019. Pengoperasiannya nanti menggunakan HT dan akan dibimbing oleh petugas dari stasiun sebelah," ujarnya.

Nantinya pengoperasian palang pintu akan dilakukan petugas Dishub Garut yang telah mendapat bimbingan dan pelatihan dari petugas PT KAI.

"Petugasnya nanti dari Dishub. Kita akan berikan diklat," katanya.

Sementara Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, dengan dibangunya palang pintu lintasan kereta api diharapkan mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan dengan kereta api.

"Di wilayah ini lalu lintas cukup ramai karena ini adalah jalur alternatif dari Bandung menuju Garut," ujarnya.

Kapolres Garut mengimbau agar para pengendara tetap waspada ketika berada di jalan raya. Dia meminta pengendara menaati rambu-rambu lalu lintas, pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut