• Bahasa

Kabupaten Garut Kembali Raih SAKIP Award 2020

10 Feb 2020 Hanif Alfajar 468

Dua tahun pemerintahan periode kedua Bupati Garut H. Rudy Gunawan dan Wakil Bupati dr.H. Helmi Budiman, Kabupaten Garut kembali meraih prestasi membanggakan SAKIP Award 2020, yakni predikat dengan kategori BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Cahyo Kumolo, di Batam Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020).

Bupati Garut Rudy Gunawan, usai menerima penghargaan, mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil dari dari Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP) Tahun 2019, dengan meraih predikat BB, sebagai kabupaten dalam penyusunan perencanaan APBD 2019 yang efektif dan efisien se-Jawa Barat. 

“Alhamdulillah, mengawali pengabdian dua tahun kami di periode kedua ini, Garut mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PAN RB, dengan nilai ini artinya penyusunan perencanaan APBD 2019 sebagai kabupaten yang paling efektif dan efisien se-Jawa Barat” kata Rudy Gunawan.

Hasil prestasi ini, imbuhnya,  harus ditingkatkan lagi lebih baik, dan akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan secara maksimal.

"Insya Allah tahun 2022 semua individu ASN di Kabupaten Garut harus mampu membuat perencanaan dan penganggaran program kegiatan secara efesien dan berorientasi hasil, sehingga daya ungkit peningkatan IPM dapat diraih secara maksimal," tutur Rudy Gunawan.

Secara perencanaan dan penganggaran, sebut Rudy, Kabupaten Garut sudah semakin baik, hanya tinggal implementasi yang masih harus diawasi oleh semua pihak. Untuk itu, dukungan pengawasan dari masyarakat sangat diperlukan.

"Secara perencanaan dan penganggaran sudah baik, tinggal implementasi yang masih harus di awasi oleh semua pihak, untuk itu masyakat harus turut andil dalam pengawasan implementasi pembangunannya, agar jangan lagi ada proyek yang pembangunannya asal - asalan" pungkas Rudy Gunawan

Selain Kabupaten Garut, Lima daerah lainnya yang mendapatkan predikat BB, yakni Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, dan Kota Bandung.

Menurut Menpan RB Tjahjo Kumolo, tata kelola pemerintahan di Pemda Provinsi Jabar sudah baik. Metode koordinasi dengan kota dan kabupaten terutama dalam penyusunan program pembangunan memiliki output jelas. "Jawa Barat memang tata kelolanya bagus," imbuh Tjahjo ditemui usai acara.

SAKIP merupakan penilaian kinerja pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten kota yang dinilai oleh Kemenpan RB. Predikat AA dengan skor 90-100 sangat memuaskan, predikat A skor 80-90 memuaskan, predikat BB skor 70-80 sangat baik, predikat B skor 60-70 baik, predikat CC skor 50-60 cukup, predikat C skor 30-50 kurang, dan predikat D skor 0-30 sangat kurang.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT