• Bahasa

Kabupaten Garut Segera Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

13 Mar 2018 Hanapi 522

Tahun ini Kabupaten Garut akan segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Di Kabupaten Garut tahun 2018. Perda ini mengatur pemakai dan pengguna juga penjual rokok serta berbagai pelarangan  merokok di tempat umum. Perda ini tiada lain dalam rangka menjaga kesehatan dan meningkatkan perekonomian yang menjadi harapan bersama.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Garut, dr. Janna M. Yajariawati, MKM, di sela-sela rapat pembahasan Perda, di Ruang Rapat Setda, Selasa (13/3/2018), Mengatakan, awal sementara pihaknya menganjurkan agar supaya setiap kantor pemertintah atau swasta dan umum dipasang papan peringatan "DILARANG MEROKOK". Selain itu, peran serta seluruh warga masyarakat sangat dibutuhkan agar semua berjalan dengan baik sehingga Kabupaten Garut lebih sehat lagi.



Jana berharap semua slogan yang dikeluarkan oleh lembaga Kesehatan, seperti : Ruangan Tanpa Asap Rokok, Bahaya Merokok, Merokok Membunuh Ibu Hamil dan Janin, Rokok Merusak Jantung dll., bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab kita bersama, mulai keluarga masyarakat dan lembaga terkait.

Semetara itu, Dr. Deni K Sunjaya, menuturkan, rokok merupakan permasalahan yang akan menjadi bahan kajian pemerintah baik lembaga kesehatan dan TNI Polri serta lingkungan semua terlibat kedalam permasalahan ini.




Dr.Deni juga menekankan, perlu dilakukan segera dibuat Perbup tentang Rokok setelah perda ini keluar, agar menjadi perhatian khusus pemerintah,  sebab konsumen perokok indonesia sudah tidak mengenal usia aktif, semua tua atau muda bahkan wanita pun seakan rokok menjadi kebutuhan pokok.

Rapat pembahasan Perda ini, dihadiri Forkompinda, beberapa Dinas terkait, RSU dr Slamet, perwakilan sekolah, PKK, Polres, Forkopimcab, Ormas Islam, Lembaga Kemasyarakatan dan umum.



Selain dr. Deni K. Sunjaya,  tiga perwakilan dari UNPAD-Bandung, yaitu dr. Dr. Dewi Marhaeni Diah Herawati, drg., M.Si, dan Dr. Guswan Wiwaha, dr. MM.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut