• Bahasa

Kodim 0611 Garut Menggelar Bakti Sosial KB Terpadu dan Sinergitas TNI Tahun 2018

9 Aug 2018 Hanapi 384

Kodim 0611 Garut mengadakan Bakti Sosial KB terpadu dan sinergitas TNI dengan menyelenggarakan kegiatan pengobatan massal gratis, donor darah dan KB Kes, bertempat di Makodim 0611/Garut Jalan Veteran No.1, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (09/08/2018).

Ketua Panitia Pelaksana Pasi Ter Dim 0611/Garut, Kapten Inf Dadang Setiawan menjelaskan, kegiatan ini diikiuti kurang lebih 250 orang peserta dan dihadiri oleh Danrem 062/TN diwakili Kasiter Rem 062/Tn Letkol Inf Tedi, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asyaf Aziz, S. Sos, Kapolres Garut diwakili Kapolsek Garut Kota Kompol Uus Susilo, Dandenpom III/32 Grt diwakili Pasilid Denpom III/32 Garut Kapten Cpm Chanrudi, Para Danramil jajaran Dim 0611/Garut, Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, Kepala BKKBN Provinsi Jawa barat diwakili oleh Pintoli R. Siregar, Para Camat, Para Kepala UPT, serta para tamu undangan.

Sementara itu, perwakilan BKKBN Jawa Barat, Pintoli R. Siregar, mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

“Program KB harus terus dilaksanakan yang telah menjadi bagian dalam pembangunan masyarakat oleh karena itu untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, harus dilakukan upaya dengan meningkatkan sosialisasi program KB”. paparnya.

Lanjut Pintoli, Program KB membutuhkan dukungan semua pihak maka dari itu upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat terutama masyarakat terpencil, pemerintah telah mencanangkan program yaitu Kampung KB.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dalam sambutanya mengatakan, berkenaan dengan program kependudukan serta kesehatan di kabupaten Garut sudah menjadi komitmen yang kuat.

“Dalam rangka meningkatkan Sumber daya manusia hal pertama yang harus menjadi perhatian meliputi kepemimpinan, transformasional, manajemen perubahan dan motivasi. Program kependudukan KB harus disosialisasikan dan dipahami oleh kalangan masyarakat sampai dengan hal yang paling kecil yaitu keluarga”. Jelas Helmi.

Lebih jauh Helmi Budiman mengatakan, bahwa Program KB adalah sebagai tujuan dan upaya untuk membangun suatu bangsa.

“Laksanakan peningkatan jumlah kelompok KKBPK di masing-masing kecamatan," kata Helmi.

Dalam kesempaten tersebut Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asyarf Aziz, S.Sos yang mengatakan, bahwa sebagai salah satu tugas TNI yaitu mempertahankan pemberdayaan dan pembinaan.

“Aspek tugas ini adalah menyiapkan alat demokratik dan Potensi harus disiapkan sejak dini secara terus berkelanjutan untuk saat ini indonesia mengalami siklus geografi sehingga msmpengaruhi peningkatan jumlah penduduk produktif diindonesia”. papar Dandim.

Dandim menjelaskan, berdasarkan data dari WDP PPB Indonesia tercatat nilai IPM sebannyak 0,9 dan ini merupakan tantangan yang sangat berat. Program KBKES yang selama ini telah dilaksanakan pemerintahan pada hakikatnya untuk mengurangi pertambahan jumlah penduduk.

"Sasaran program KBKES adalah merupakan sebagai bentuk kepedulian dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga," ungkap Dandim.

Dandim menambahkan, Upaya meningkatkan keluarga sejahtera perlunnya partisipasi dari lapisan masyarakat serta beberapa unsur instansi terkait.

“Dalam konteks pelibatan partisipasi masyarakat maka keberadaan kodim 0611 Garut diharapan mampu meningkatkan pelayanan yang optimal, Kodim 0611 Garut akan senantiasa berpartisipasi aktiv untuk memberikan kontribusi khususnnya kepada warga masyarakat Kabupaten Garut," pungkas Dandim.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut