• Bahasa

Longsor Tutup Jalan Raya Bandung - Cisewu Garut

13 Jan 2019 Hanapi 458

Hujan yang mengguyur kawasan Selatan Kabupaten Garut Jawa Barat, mengakibatkan tanah longsor di Jalan Provinsi Kampung Cihandeuleum, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Minggu (13/01/2019) sore sekira pukul 16.00 WIB.

Longsor yang menimbun badan jalan tersebut menyebabkan jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung terputus. Longsoran berasal dari tebing dengan ketinggian sekitar 75 meter dan lebar 50 meter.

Camat Cisewu, Doni Rukmana mengatakan, jalan tadi sempat tertutup dua jam. Namun setelah dibersihkan selama satu jam dengan alat berat milik PUPR Provinsi Jawa Barat akhirnya bisa dilewati kembali sementara oleh kendaraan roda dua, cetusnya.



“Untuk pembersihan jalan yang tertimpa longsoran tanah dilakukan gotong royong oleh anggota TNI-Polri, Forkopim Kecamatan Cisewu, dan warga setempat. Pembersihan material menggunakan alat berat dan alat seadanya. Saat ini jalur yang tertutup timbunan longsor baru bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Saya menghimbau pengguna jalan yang melintas di sekitar lokasi agar berhati-hati,” ujar Camat Cisewu.

Meski longsor menutup jalan, Doni memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. Hanya saja material longsoran sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas kendaraan bermotor yang melintas di jalan tersebut.

Camat mengimbau pengguna jalan yang melintas di jalur Cisewu-Bandung agar lebih berhati-hati. Pasalnya hujan dengan itensitas tinggi akan terus terjadi, pungkasnya.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut