• Bahasa

Mengawali Rangkaian Ke-205 Kabupaten Garut, Bupati Ziarah ke Makam Bupati Garut Pertama

13 Feb 2018 Admin 395

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Garut yang ke 205, Bupati Garut Rudy Gunawan melakukam jiarah ke makam Bupati Garut Pertama RAA. Adiwijaya di makam Cipeujeuh di Kampung Cipeujeuh RT03/14 Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Senin (12/02/2018).

RAA Adiwijaya menjabat sebagai Bupati pertama Garut sejak 1813 hingga wafat tahun 1831. Ia merupakan putra sulung Dalem Sumedang, Pangeran Kornel. Di Makam Cipeujeuh, selain terdapat makam RAA Adiwijaya, terdapat pula makam istrinya yang bernama Raden Ajeng Siti Ningrum.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi ke-205 Kabupaten Garut, sudah menjadi tradisi bahwa dalam seluruh rangkaian hari jadi Garut, setiap tahunnya selalu di awali dengan melakukan jiarah ke makam pendiri Garut yang juga Bupati Garut Pertama.

“Sudah menjadi tradisi dan sebagai bentuk penghormatan serta menghargai nilai nilai kejuangan para pendiri kabupaten Garut yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya, sudah sepantasnya kita selalu mengingat dan mendoakannya", terang Rudy.

Turut hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Garut, Bupati Garut Rudy Gunawan, Danrem 062 Tarumanagara Kol inf Tatan Hadianto, Sekretaris Daerah Uu Saefudin, Kasdim Kodim 0611 Garut, perwakilan Polres Garut, para Kepala SKPD Kabupaten Garut beserta segenap pejabat di lingkungan Pemda Garut, unsur Forkopim Kecamatan Garut Kota, para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Garut, tokoh masyarakat dan agama di Kabupaten Garut.

Tanggal Enam belas Februari menjadi tanggal sakral bagi Kabupaten Garut karena pada tanggal tersebut, Gubernur Jenderal Hindia-Belanda Thomas Stamford Raffles mengeluarkan putusan membubarkan Kabupaten Parakanmuncang dan menghidupkan Kabupaten Balubur Limbangan yang menjadi cikal bakal Kabupaten Garut.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut