• Bahasa

Pemkab Garut Rancang RTH Wilayah Perkotaan

5 Sep 2019 Hanapi 231

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) merupakan salah satu bagian yang perlu ditindaklanjuti secara teknis dan sudah diatur Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Agus Ismail, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/9/2019).

Menurutnya, ada juga rencana kita untuk penguasaan-penguasaan di lahan diperkotaan yang akan difungsikan sebagai hutan kota atau taman kota.

Agis - sapaan Agus Ismail, pihaknya juga akan memanfaatkan lahan-lahan yang sudah ada. Salah satunya area terbuka di sekitar SOR Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul.

"kita akan bangun ruang terbuka hijaunya," ucapnya.

Agis menyebutkan, khusus untuk area industri, pemerintah sudah mewajibkan agar perusahaan=perusahaan memiliki RTH sebagaimana sudah diatur dalam regulasi.

Ia menuturkan, dalam aspek perizinan sudah ditentukan Building Coverage Ratio (BCR), masing-masing tempat beda-beda ada 60-40 antara RTH dan bangunannya, ada yang sampai 80-20.

Artinya, terang Agis, Building Coverage Ratio (BCR) itu yang akan menentukan berapa ruang tutupan yabg harus tertutup bangunan dan yang harus Ruang Terbuka Hijau.

"Jadi setiap perizinan itu ditetapkan berapa BCR-nya, dan ada juga koefisien lantai bangunan, berapa ketinggian gedung, lantainya berapa. Tidak boleh seratus persen ditutup bangunan," katanya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut