• Bahasa

Peneliti Jepang Kunjungi Selaawi Garut

14 Mar 2019 Hanapi 175

Kecamatan Selaawi kabupaten Garut terkenal sebagai daerah penghasil berbagai jenis kerajinan dari bahan bambu mulai dari sangkar burung, aksesoris, sampai perkakas rumah tangga. Tak heran kalau saat ini Selaawi banyak dikunjungi wisatawan dan para peneliti baik dari luar daerah maupun mancanegara.

Kali ini Kecamatan Selaawi menerima kunjungan dari para guru besar dari negeri Jepang yakni Imam Damar Djati (Dosen FSRD-ITB), Mitsunori KUBO (Dosen Chiba University, Jepang), Fumio TERAUCHI (Dosen Chiba University, Jepang) Moe MARUYAMA (Doctoral Student, asisten Prof. KUBO).

Hal tersebut diungkapkan Camat Selaawi Ridwan Effendi, di ruang kerjanya Kamis (14/03/2019).

”Alhamdulillah, ada kunjungan dari luar negeri. Ini bagus untuk prosfek perekonomian warga khusus bagi pengrajin bambu, sebagai potensi unggulan kawasan perdesaan,” kata Ridwan.

Tujuan kunjungan tersebut, menurut Ridwan, akan melihat secara langsung kegiatan para pengrajin khususnya dalam membuat berbagai macam peralatan/produk dari bambu.


“Selain itu, membandingkan beberapa peralatan produk dari bambu yang dibuat di Selaawi dengan yang dibuat di Jepang untuk melihat kesamaan dan perbedaan perkembangan pemanfaatannya, baik di masa lalu maupun di masa kini,” jelasnya.

Dijelaskan Ridwan, ini adalah salah satu kegiatan penjajakan dalam rangka rencana riset kolaboratif antara beberapa Dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB dengan beberapa Dosen dari Graduate School of Engineering, Chiba University, Jepang.

Dimana sebelumnya, kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kegiatan kerjasama pendidikan dan pengajaran, misalnya Kuliah Umum/Tamu, seminar dan “workshop”, program “double degree”, studi lanjut program master dan doktoral.

”Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang di Kecamatan Selaawi Garut,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, para peneliti tersebut merasa sangat tertarik dengan pengembangan produk budaya bambu, dari mulai yang tradisional hingga modern desain sudah mulai dikembangkan.

“Mereka bermaksud untuk datang kembali untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang budaya bambu Selaawi,” pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut