• Bahasa

Penuhi Ekspektasi Publik, FK-KIM Kabupaten Garut Gelar Raker Pertama

13 Mar 2018 Hanapi 424

Pengurus Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar Rapat Kerja (Raker), diikuti seluruh pengurus, bertempat di Aula Media Centre Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Selasa (13/03/2018).

Bertema “Sosialisasi dan Konsolidasi Menuju FK KIM Kabupaten Garut yang Solid dan Mandiri”, Raker digelar pasca pembentukan FK-KIM Kabupaten Garut pada 24 Januari 2018 lalu. Raker yang dibuka resmi Pj Sekda Kabupaten Garut tersebut dilaksanakan dalam rangka pembahasan AD/ART yang telah dirumuskan  pengurus sebagai pijakan kerja seluruh anggota FK-KIM.




Selain Pj Sekretaris Daerah, Uu Saepudin, hadir Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut Drs. H. Nurdin Yana, MH, Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Diar Cahdiar Antadiredja M Si, Kabid Pengelolaan Informasi dan Kehumasa Ricky Rizki Darajat, SH., M Si,  Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik H. Yusep Ruslan, SH, dan Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur Muhammad Bagus serta anggota dari berbagai komunitas lainnya.

Ketua FK-KIM, Janur Muhammad Bagus mengatakan, tujuan rapat kerja, selain membahas AD/ART juga memberikan arahan, petunjuk dan saran dalam rangka peningkatan kualitas dan capaian program FK-KIM di dalam pelaksanaan tugas.




Janur berkeyakinan hasul raker ini dapat direalisasikan dengan kinerja yang nyata. FK-KIM, imbuhnya,  merupakan organisasi partisipatif, meski konteknya di legitiminasi oleh pemerintah, sehingga diperlukan kerjasama dengan Diskominfo untuk bersama-sama menyebarluaskan informasi dengan menghilangkan berita-berita negatif serta menghindari hoax.

"Kedepannya kita coba membentuk tim bina wilayah yang ada di tiap kecamatan dan desa-desa yang ada di Kabupaten Garut,” ungkap Janur.

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut menyampaikan, kegiatan ini sebagai peletakan fondasi dasar organisasi FK KIM dan Kominfo untuk menjadi sandaran informasi bagi masyarakat sekaligus sebagai penawar menangkal berita-berita hoax.

Pj Sekretaris Daerah, Uu Saepudin dalam sambutannya mengatakan, keberadaan KIM harus bersinergi dengan Diskominfo, sehingga diperlukan keberadaan KIM dalam rangka memenuhi kepentingan masyarakat yang disandingkan dengan kepentingan pemerintah.




“Kelahiran KIM sangat luar biasa karena nantinya akan menjadi indikator keberhasilan penyebaran informasi di tingkat nasional. Apalagi dengan adanya aturan Permendagri tentang KIM, maka ini menjadi jelas dari aspek kualitas. Program KIM harus memberikan manfaat kepada masyarakat dan mampu menangkal informasi-informasi yang tidak jelas,” tegasnya.

Sementara itu Kadiskominfo, H. Nurdin Yana, berharap FK-KIM bisa bekerjasama dengan Kominfo dan  turut mengevaluasi sejauh mana keberhasilan maupun kendala informasi yang disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut