• Bahasa

Perpustakaan Mini Kolecer Jadi Alternatif Ngabuburit Warga

15 May 2019 Hanapi 235

Fasilitas Kotak Literasi Cerdas atau Kolecer yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi daya tarik di Taman Kiansantang, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota. Memasuki bulan Ramadhan, fasilitas penyedia bacaan gratis ini menjadi tempat alternatif ngabuburit untuk warga.

Rini Lutfiyani, petugas penjaga Kolecer mengatakan, menjelang sore hari, banyak warga yang singgah mengunjungi Kolecer.

Selain anak-anak, kata Rini, ada pula pedagang, tukang becak serta masyarakat yang kerap memaanfaatkan sarana, meski tidak biasa dibawa pulang.

“Mereka sudah tidak takut membaca buku di Kolecer, walau tidak bisa di bawa pulang,” ujar Rini Lutfiyani, Rabu (15/05/2019).



Menurut Rini, sampai bulan April kemarin, jumlah buku di Kolecer mencapai 48 buku, sedangkan tingkat pengunjung Taman Kiansantang dinilai cukup meningkat, apalagi sejak adanya sosialisasi, para ibu sudah tidak melarang lagi anak-anaknya membaca bahkan mengapresiasi dengan menyuruh putra-putrinya mampir ke Kolecer kiansantang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kabupaten Garut, Lisnawati, mengatakan banyak yang menyumbang buku di kolecer ini mulai dari individu hinga para komunitas penggiat literasi.

Donatur buku antara lain, Sulistya D. Putri salah satu penggiat Forum Lingkar Pena (FLP) yang menyumbangkan koleksi komiknya di Kolecer. Ada juga penulis dari FLP lainnya, Utep Sutisna, salah satu penulis aktif dan produktif di Kabupaten Garut turut menyumbangkan karyanya serta pak Adi wahyudi beserta anaknya, ungkapnya.



“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah mendonasikan buku-bukunya ke Kolecer, semoga menjadi ladang amal di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini. insya Allah bermanfaat bagi para pemustaka atau pengunjung Kolecer,” ujarnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut