• Bahasa

Pjs Bupati Garut Serahkan Dana Konpensasi Delman

9 Jun 2018 Hanapi 279

Dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1439 H, Pemerintah Kabupaten Garut terus melakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi dan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat terutama kepada para pendatang.

Upaya tersebut diantaranya melakukan penertiban dan konsolidasi dengan para kusir/pemilik delman yang berpotensi akan menjadi penyebab terganggunya kelancaran dan kenyamanan lalu lintas.

Pjs Bupati Garut, Kusmayadie Tatang Padmadinata mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Garut menyerahkan Dana Konpensasi Delman/Andong Dalam rangka arus mudik dan balik lebaran tahun 2018/1439 H.

Dalam sambutannya Kusmayadie menyampaikan bahwa kesehatan kuda itu perlu di perhatikan agar tidak ada penyakit yang akan menular, dan kuda itu kalau buang kotoran sembarangan akan berdampak buruk, bagi kesehatan manusia, karna kotoran kuda itu bisa menular.

Lebih lanjut Koesmayadie, menuturkan, bahwa hewan seperti kuda itu jangan sampai diperlakukan kasar atau tidak diperlakukan secara tidak layak, karna hewan seperti kuda termasuk hewan dilindungi dan ada Undang-Undangnya, jelas Pjs. Bupati Garut tersebut.

Koesmayadie berharap, jadikan delman itu sebagai sarana wisata, dan harus memperhatikan kebersihan kuda itu sendiri agar ada kenyaman bagi para wisatawan serta ditata dengan baik.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman menyampaikan, bahwa memang delman/andong itu menjadi perhatian pihak Pemerintah Kabupaten dan kepolisian, karena delman ini menjadi problem yang sangat krusial terutama menjelang mudik dan balik Idul fitri,

"Yang menjadi perhatian bagi kita adalah delman yang ada di jalur jalan Nasional dan jalan  Provinsi," kata Suherman.

Suherman menegaskan, semua delman jangan ada yang masuk jalur Nasional dan jalur provinsi serta kusir delman untuk menjaga kotoran delman, dan bilamana itu terjadi maka delman yang sudah kami beri stiker tersebut akan diberi sangsi tegas.

Penyerahan konpenssasi sebesar Rp.75000/hari atau kalau jadi kali tujuh hari nominal 525000/delman tersebut dilakukan di 6 kecamatan antara lain, Kecamatan Malangbong sebanyak 18 unit, Kecamatan Limbangan 85 unit,  Kecamatan Kadungora 175 unit, Kecamatan Leles 45 unit, Kecamatan Tarogong kaler 250 unit dan Kecamatan Tarogong kidul 58 unit.

Dalam kesempatan tersebut, hadir mendampingai Pjs. Bupati Garut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Diskominfo dan para Forkopim di masing Kecamatannya.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut