• Bahasa

SMKN 1 Garut Majukan Desa di Kabupaten Garut Dengan Program SMK Membangun Desa

19 Feb 2021 Hanapi 151

GARUT, Tarogong Kidul – Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil didampingi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri kegiatan SMKN 1 Garut sebagai sekolah Centre of Excellent dengan Program SMK Membangun Desa yang digelar di SMKN 1 Garut, di Jl. Cimanuk No.309, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (19/2/2021).

Atalia Praratya Kamil yang juga merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini mengatakan, pihaknya telah melakukan kolaborasi antar Jabar Bergerak dan stakeholder lainnya.

“Kami melakukan kolaborasi yang luar biasa dengan Jabar Bergerak dan stakeholder lainnya. Termasuk kami hadir saat ini di SMKN 1 Garut, ini banyak sekali inspirasi yang kami dapatkan,” ucap Atalia.



Atalia juga mengatakan, program yang dimiliki oleh SMKN 1 Garut ini sangat melekat dengan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat desa sehingga bisa mendorong dalam sisi perekonomian.

“Kedepannya Insyaallah kita akan ujicobakan juga hadir di desa-desa karena SMKN 1 Garut ini punya program adalah SMKN 1 Garut Membangun Desa itu keren sekali ini. Pak Bejo punya idenya luar biasa. Nah dalam program dihadirkan itu saya kira ini sangat melekat dengan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat desa dari mulai bagaimana kita mendorong dari sisi perekonomian,” ujar Atalia.



Ia menuturkan, beberapa lokasi sudah dikerjasamakan antara SMKN 1 Garut dan Jabar Bergerak agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat desa.

“Beberapa lokasi sudah dikerjasamakan antara SMKN 1 Garut  bersama Jabar Bergerak dan masuk ke desa-desa begitu ya dan nampaknya sedang kita pantau bagaimana itu bisa mendorong terkait dengan kebermanfaatannya itu kedepannya,” tuturnya.



Atalia juga mengapresiasi atas adanya salah satu program yang dimiliki oleh SMKN 1 Garut yaitu listrik dari tenaga surya dan tenaga angin. Ia menerangkan, program ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat desa yang masih kekurangan pasokan listrik.

“Termasuk tadi saya kira ada satu hal yang perlu diapresiasi, adalah hadirnya listrik dari tenaga surya termasuk listrik dari tenaga angin. Ini sudah ada di SMKN 1 Garut ini dan ini luar biasa membuat merinding karena dengan adanya hal seperti ini,” kata Atalia.



Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Garut, Bejo Siswoyo mengatakan SMKN 1 Garut memiliki Program SMK Membangun Desa. Program ini memiliki beberapa macam yaitu membuat sabun cuci piring, pembuatan tower untuk penguatan jaringan internet, pemanfaatan biogas, dan listrik tenaga surya serta listrik tenaga angin.

“Akhirnya kami mengadakan MOU untuk bersama-sama karena di sekolah kita punya program SMK Membangun Desa, kenapa harus desa karena anak-anaknya tidak ada (yang dipanggil) anak-anak kecamatan,” kata Bejo.



Bejo juga mengatakan pihaknya telah bertemu dengan Camat Tarogong Kidul untuk bekerja sama dalam Program SMK Membangun Desa.

“Nah pada waktu itu kita bertemu dengan Pak Camat dan akhirnya kita juga mengadakan MOU dengan Pak Camat untuk bersama-sama membangun desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Tarogong Kidul,” ujarnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT