• Bahasa

Tanah Longsor Terjadi di Desa Pamulihan Pakenjeng Garut

7 Apr 2019 Hanapi 14945

Longsor di Kampung Pasirluhur, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Minggu (07/04/2019) sekitar pukul 07.10 Wib. Material longsoran menutup jalan Pananjung-Pakenjeng sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat maupun dua.

Meski kondisi cuaca tidak dalam keadaan hujan, tetapi secara tiba – tiba terjadi tanah longsor yang berdampak pada gerusan jembatan atau Sasak Situsaeur Kampung Pasir Luhur desa Pakenjeng kecamatan Pamulihan.

”Padahal kondisi cuaca tidak hujan, tetapi tiba – tiba terjadi tanah longsor dari ketinggian 100 Meter lebih ” kata Rina Achlan Kepala Desa Pakenjeng, Minggu (07/04/2019).

Lanjut Rina, kemungkinan longsornya tanah akibat ada pergeseran tanah di wilayah itu yang dalam beberapa hari terakhir ini diguyur hujan deras, tetapi kalau tidak cepat ditanggulangi akan berakibat tergerusnya jembatan atau Sasak Situsaeur.

”Ini sangat riskan sekali apabila tidak cepat ditanggulangi, karena akan memgerus pondasi jembatan Situsaeur yang merupakan jalan penghubung kabupaten Garut," ungkap Rina Achlan.

Saat ini, lanjut Rina, sedang dilakukan evakuasi material longsoran oleh BPBD Kabupaten Garut dibantu Forkopimcam Pakenjeng dan masyarakat setempat.

“Jalan ditutup sementara untuk memudahkan evakuasi dengan Alat Berat,” katanya.

Dia berharap, proses evakuasi segera selesai, agar jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda empat maupun dua.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut