• Bahasa

Tingkatkan Swasembada Pangan, TNI Di Garut Bantu Warga Panen Padi

10 Jan 2018 Admin 52

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1112 Samarang Kodim 0611 Garut, Kopka Wawan Hermawan, membantu Panen Padi jenis Sarinah di Kampung Nyangkokot, Blok Bojong Sorok, Desa Padamukti, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Selasa (02/01).

 

Danramil 1112 Samarang, Kapten Inf Dedi Saefuloh mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan. Para Babinsa, imbuh Danramil, sebagai aparat teritorial selalu berusaha memberikan kontribusi yang terbaik dan maksimal untuk membantu petani di wilayahnya sehingga sasaran yang diharapkan dapat dicapai.

 

Danramil melanjutkan, bahwa pendampingan tersebut di lakukan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang ada di wilayah Kabupaten Garut.  “Walau dibawah cuaca yang saat ini musim penghujan, panen yang dilaksanakan dengan suasana penuh kekeluargaan dan keakraban antara Babinsa dengan Petani sangat terasa dan menunjukkan kedekatan antara TNI-Rakyat di wilayah tersebut,” ungkap Kapten Inf Dedi.

 

Dia juga berharap, agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersinergi. Selalu bersama-sama dalam pelaksanaan tugas di desa binaannya, serta secara terus menerus melakukan sambang dan pembinaan dengan warganya, baik masalah sosial dan program pemerintah seperti penguatan pangan, begitu pula memberikan informasi yang berkaitan dengan situasi kamtibmas, tukasnya.

 

“Babinsa harus memiliki kemampuan di wilayahnya masing-masing untuk mendampingi petani dalam hal tanam padi maupun dalam bentuk tenaga pada olah lahan, masa tanam dan saat panen,” kata Kapten Inf Dedi Saefuloh.

 

Sebagai anggota TNI, lanjut Dedi, Babinsa bertanggung jawab sepenuhnya menjalankan program ketahanan pangan, bersungguh dalam melakukan pendampingan pertanian hingga tuntas. Efektifitas dan efisiensi melalui pendekatan persuasif dalam mendorong petani merupakan bagian dari cara meningkatkan produktifitas pertanian. Namun semua itu, imbuh Dedi, tidak dapat lepas dari terjalinnya Komunikasi Sosial (Komsos) yang baik antara Babinsa Koramil 1112 Samarang bersama dengan masyarakat petani.

 

Sementara, Ibu Nia warga Kampung Ngangkokot, Desa Padamukti, Kecamatan Pasirwangi, seorang tani yang sedang memanen padi dilahan seluas 200 tumbak tersebut mengatakan, dengan adanya bantuan dari TNI khususnya para Babinsa yang ikut terjun langsung ke lapangan, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah membantu petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam hal pertanian.

 

“Terima kasih kepada bapak Babinsa, ini sangat membantu kami dalam menunjang capaian hasil panen yang maksimal, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para petani,” pungkas Nia.

 

 (Igie),hariangarut-news.com

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT