• Bahasa

Wakil Bupati Garut Sambut Kedatangan Pengungsi Korban Gempa dan Tsunami Palu

9 Oct 2018 Hanapi 266

Sebanyak 20 korban bencana Gempa Tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, tiba di Kabupaten Garut, Senin (08/10/2018) malam. Korban gempa-tsunami itu merupakan warga Garut yang berdomisili di Palu-Donggala. Rombongan yang pulang semuanya difasilitasi dan dijemput oleh Pemda Garut.

Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman, Sekretaris Daerah, Plt. Kepala Dinas Sosial, para Camat, Tim Kesehatan, dan BPBD di lapangan Setda Kantor Bupati Garut, Jalan Pembangunan, sekitar pukul 22.00 WIB. Saat tiba, tim kesehatan telah menanti seluruh rombongan. Para rombongan juga langsung memeriksakan kesehatan.

Ketika melihat korban turun dari bus, Wakil Bupati Garut memeluk mereka satu-persatu. Sementara keluarga korban yang telah menunggu sejak sore, langsung berhamburan menyambut keluarga mereka. Tangisan pun pecah, seakan tak percaya jika sanak keluarga mereka yang berada di Palu untuk merantau diberikan keselamatan dari musibah tersebut.

“Saat ini yang kita jemput ada 20 orang, jadi total keseluruhan 158 korban gempa dan tsunami Palu telah berada di Kabupaten Garut. Berhari-hari hidup di pengungsian, alhamdulillah tim relawan gabungan Pemkab Garut berhasil mengevakuasi para korban untuk dibawa kembali kesini,” ucap Helmi Budiman kepada awak media, Senin (08/10/2018) malam.

Wabup menambahkan, pihaknya masih menampung data yang diusulkan dari desa-desa terkait keberadaan keluarga korban di Palu. Kalau memang ada keluarganya disana, kata Helmi, warga pasti melapor ke Kepala Desa. Termasuk yang pulang saat ini, itu hasil dari laporan Kepala Desa di Garut, tukasnya.

Sementara itu, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP menyampaikan, komitmen Pemkab Garut untuk memulangkan para pengungsi Korban gempa bumi dan tsunami palu asal kabupaten Garut yang akan pulang kampung akan difasilitasi oleh Pemkab Garut.

”Kami sudah mengarahkan kepada Tim untuk menyapu bersih warga Garut yang ada di Sulawesi untuk difasilitasi kepulangannya apabila mereka ingin kembali ke Garut”, kata Rudy Gunawan, Selasa (09/10/2018).

Harapannya tambah Rudy Gunawan, mereka bisa beristirahat di kampungnya masing – masing, serta memulihkan kondisi badan dan kejiwaannya pasca gempa bumi yang dialaminya disana.

Duapuluh orang pengungsi yang berasal dari Kecamatan Sukaresmi, Bayongbong, Pameungpeuk, Samarang, Limbangan, dan Garut Kota, berhasil dibawa pulang menggunakan pesawat komersil bersama Asisten Sekretaris Daerah ( Asda) I Pemkab Garut, Drs H Didit Fajar Putradi M Si, Kabid Humas Dinas Kominfo Garut, Ricky Rizky Darajat SH M Si, dan Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan dari Dinkes Garut dr Tri Cahyo.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut