• Bahasa

Wakil Bupati Meresmikan Program SLBM di KSM Al- Falah Mekarwangi Tarogong Kaler

16 Oct 2019 Hanapi 99

Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman meresmikan program LSBM di KSM Al-Falah Kp. Legok Desa Mekarwangi Kecamatan Tarogong Kaler, Sabtu (12/01/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Tarogong Kaler Saefurohman bersama Forkopim Kecamatan Tarogong Kaler, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Ricky Rizki Darajat, Kepala Desa Mekarwangi dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan satu diantara cara untuk hidup sehat antara lain kesiapan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan untuk mandiri dan peduli akan kesehatan lingkungan.

"Kami harapkan Desa Mekarwangi ini mempunyai motivasi untuk segera menuju desa ODF, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat", sebut Helmy.



Salah satu desa yang sudah menjadi ODF adalah Desa yang warganya telah memiliki kesadaran tentang bahaya BAB Sembarangan, sehingga akhirnya mengubah pola dari BAB Sembarangan menjadi BAB di jamban sehat permanen.

"Dengan di buatkan MCK ini, menjadi salah satu upaya masyarakat di desa Mekarwangi ini untuk menjadi desa yang maju, silahkan MCK ini di gunakan dan dipelihara oleh masyarakat", pungkas Wabup.

Sementara itu Camat Tarogong Kaler Saefurohman menambahkan bahwa MCK Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) ini merupakan salah satu upaya untuk menuju Desa Open defecation Free (ODF).

"Ini merupakan salah satunya pemenuhan kriteria MCK yang sehat, tersedianya air bersih dan Septic Tank komunal yang untuk tahap awal akan menampung limbah rumah tangga sekitar 30 KK" jelas Seafurorman.



Sedangkan Kepala Puskesmas Mekarwangi Dedeh, menjelaskan pada prinsipnya desa Mekarwangi sudah siap melaksanakan ODF, tinggal 1 RW akan sedang dilakukan pemicuan, sehingga  di bulan Februari bisa dilaksanakan deklarasi ODF.

"Kami terus berupaya bersinergi dengan Kecamatan untuk memicu masyarakat untuk berubah mineset masyarakat dari perilaku membuanng BAB yang semabarangan menjadi lebih baik dengan menyalurkan ke Septic Tank Komunal atau membuat Septikteng pribadi" katanya.

Peresmian MCK SLBM tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, yang disambut gembira warga masyarakat Desa Mekarwangi.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT