garut header
Minggu, 22 Januari 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Pemprov Jabar Bagikan Listrik Gratis

Sebanyak 28.000 kepala keluarga miskin di Jawa Barat akan mendapatkan askes listrik dari pemerintah melalui program listrik desa 2017. Program tersebut merupakan bagian dari Program Jabar Caang. Tahun ini, program listrik desa menjadi prioritas Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Barat Eddy Nasution mengatakan, Dinas ESDM saat ini tengah melakukan verifikasi atau pendataan terhadap calon penerima listrik desa tersebut.

Dinas ESDM menginginkan penerima benar-benar masuk dalam katagori masyarakat miskin. Selanjutnya, jika data penerima sudah ditetapkan, Dinas ESDM akan menyalurkan suplai listrik pada keluarga sasaran.

‎“Kapan disalurkannya? Kami sekarang masih melakukan pendataan dan melengkapi pekerjaan kami tahun sebelumnya,” ujar Eddy di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Beberapa waktu lalu.

Menurut dia, penerima distribusi listrik desa didominasi warga di Cianjur Selatan, Sukabumi Selatan, dan Garut Selatan.

Di sisi lain, Eddy mengakui, jumlah alokasi kepala keluarga yang akan mendapatkan suplai listrik tersebut masih belum memenuhi kebutuhan listrik warga Jabar. Jika ditambah alokasi tahun ini, jumlah warga yang belum teraliri listrik di Jabar masih banyak.

Eddy mengatakan, penduduk Jabar yang sudah menikmati listrik saat ini baru 96,2 persen dari total jumlah penduduk Jabar yang mencapai 46 juta jiwa. Masih ada 4 persen warga Jabar yang belum menikmati listrik.

“Sisanya 1,6 juta jiwa yang belum dapat menikmati akses listrik. Itu data dari Kementrian ESDM (pusat),” ujar dia.

Meski demikian, pemerintah tetap berupaya secara bertahap untuk memberikan akses listrik bagi warga yang belum teraliri listrik.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan optimistis target Jabar Caang bisa rampung pada 2018 mendatang. Pada awal 2016, Jabar Caang telah terrealisasi 94,14 persen. Sisanya sebanyak kurang lebih 6 persen lagi akan digenjot tahun 2016 dan 2017.