garut header
Minggu, 20 Agustus 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Curah Hujan masih Tinggi, BPBD Garut Minta Warga Meningkatkan Kewaspadaan

Karena curah hujan yang masih tinggi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, meminta warga meningkatkan kewaspadaan. Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan sejumlah bencana.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, dr. Ade Rusyana, mengatakan, pihaknya telah mengedarkan surat imbauan atas terjadinya bencana ke semua kecamatan. BPBD kabupaten juga terus memantau selama 24 jam semua kerawanan yang terjadi.

“Beberapa hari ini kami juga terus memberikan pelatihan kepada sejumlah desa tangguh bencana. Kami minta semua pihak proaktif dan saling mengingatkan jika ada potensi bencana,” kata Ade, belum lama ini.

Sejak awal tahun, lanjut Ade, lebih dari 15 kali bencana terjadi. Mulai dari longsor, banjir, sampai gempa. Termasuk yang terjadi di Kecamatan Cihurip kemarin.

“Kami langsung menerjumkan tim ke Cihurip untuk membantu evakuasi. Sejumlah bantuan pun sudah kami berikan kepada warga di sana (Cihurip/red),” ujarnya.

Ade berharap sejumlah warga tetap tenang dan waspada dalam menghadapi curah hujan yang tinggi. Jangan mempercayai berita yang banyak beredar di media sosial.

Lebih jauh Ade menambahkan, Pemkab Garut telah menyediakan alat berat di Kecamatan Bungbulang dan Pameungpeuk untuk membantu proses evakuasi longsor. Dengan adanya perlatan tersebut, penanganan longsor terutama yang menutup jalan bisa segera dilaksanakan.

“Posko BPBD ada di setiap kecamatan. Beberapa titik juga sudah ada di desa. Relawan BPBD di kecamatan juga ada dan siap membantu,” kata Ade.