garut header
Jumat, 24 Nopember 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Pencangan Gerakan Gotong Royong Tingkat Kabupaten Garut Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2017, dilakukan pencanangan gerakan Gotong Royong dengan apel gabungan seluruh elemen masyatakat dengan pemerintah, hadir dari TNI, Polri, SKPD, ormas, pelajar, mahasiswa serta masyarakat dan dilanjutkan dengan gerakan operasi bersih, Jumat (14/07/2017) di lapang Otista Alun-alun Garut.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Garut bebas sampah dan limbah maka dilaksanakan pencanangan “Gerakan Gotong Royong tingkat Kabupaten Garut dengan momentum di hari Lingkungan Hidup sedunia 2017, untuk mewujudkan Kabupaten Garut yang bebas dari sampah juga limbah yang selalu menjadi pokok permasalahan lingkungan di masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Garut H. Rudy Gunawan,SH.,MH.,MP, menyampaikan bahwa hari ini kita akan memulai dan melakukan pencanangan sekaligus merealisasikan serta berkomitmen untuk mulai dari menanam pohon, dan membersihkan sampah untuk mewujudkan Kabupaten Garut yang bermartabat, nyaman dan sejahtera.

Bupati menyoroti bahwa lingkungan hidup itu luas tapi yang kasat mata adanya sampah dan gundulnya hutan. “Makanya hari ini kita laksanakan suatu gerakan untuk mengembalikan gotong royong di masyarakat, ujar Rudy.

Sementara itu dalam laporannya kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Suparman menyampaikan bahwa pencanangan ini juga dalam rangka mensukseskan Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia dan untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong sebagai ciri khas budaya adat sunda serta mengkampanyekan kepada masyarakat untuk ikut bersih-bersih dan tidak membuang sampah atau limbah ke sungai.

Lebih lanjut asep menjelaskan “bahwa tujuan pencanangan itu untuk upaya pemulihan dan konservasi lingkungan dengan membersihkan sampah dan limbah dari sungai, situ, waduk dan area publik lainnya.

Dinas Lingkungan Hidup telah meluncurkan konsep 3R, yaitu Reuse, berarti menggunakan kembali sampah yang bisa di gunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi yang lainnya. Redunce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle, berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.