garut header
Selasa, 24 Oktober 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Bupati Garut Menghadiri Lomba Pacuan Kuda Bersama Ribuan Warga Pangatikan

Bupati Garut H. Rudy Gunawan disambut meriah ribuan warga Kecamatan Pangatikan saat menghadiri lomba pacu kuda di lapang Cihuni (08/10/2017).

Bupati Garut sangat mengapresiasi kegiatan lomba pacu kuda yang pesertanya para kusir delman dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Kegiatan yang digelar Paguyuban Kusir Delman Kabupaten Garut tersebut dalam rangka mencari bibit joki potensial dan juga kuda terbaik yang ada di kabupaten Garut, selain itu sebagai arena hiburan bagi warga masyarakat.

Kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar, masyarakat rela bedesakan desakan, berpanas-panasan terlebih mereka mengetahui akan datangnya Bupati Garut.

Dalam sambutannya Bupati Garut H. Rudy Gunawan mengapresiasi kegitan lomba pacu kuda ini, dan beliau mengharapkan kegiatan ini dapat di gelar tiap tahun.

“Saya berharap kegiatan ini digelar secara terus menerus, dan dapat ditingkatkan kualitasnya, untuk tahun ini saya berikan tropy Bupati Cup, mudah-mudahan tahun depan kita tingkatkan”, kata Rudy.

Lebih lanjut Rudy pun menyampaikan, akan membangun sarana untuk pacuan kuda, sehingga nantinya semua pecinta pacuan kuda dapat mempunyai tempat yang refresentatif, pungkas Rudy.

Asep Heri, salah seorang panitia pelaksana menjelaskan, kusir delman yang mengikuti kegiatan ini lebih dari 200 orang. Mereka tak hanya berasal dari Garut, tapi juga luar Garut seperti Bandung, Tasik, dan Cirebon.

“Selain dalam rangka silaturahmi para kusir, juga untuk memilih bibit unggul muda, mencari joki terbaik dan kuda terbaik. Ini pun sudah merupakan budaya masyarakat di sini, setiap tahun kami menggelar acara serupa,” katanya.

Asep menambahkan, pemenang lomba selain mendapatkan uang pembinaan dan hadiah lainnya, juga mendapatkan piala bergilir dari Bupati Garut.

Yang unik dalam kegiatan ini, siapa pun yang menang wajib menghibur penonton dengan cara menari di atas kuda pacuannya dengan diiringi musik bangreng. Tak jarang pemenang dan timnya mengeluarkan saweran kepada penonton.

Salah seorang kusir delman yang menjadi peserta kegiatan itu, Tatang, sangat senang bisa mengikuti acara tersebut. Sebelum bertanding, ia mempersiapkan segalanya termasuk persiapan fisik, menjaga makanan dan berlatih terus.