garut header
Minggu, 22 Januari 2017   English | Sunda
rss2
Assalam wrwb, Maaf sebelumnya, dimana saya…
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Kaldera Gunung Papandayan Terbesar Di Asia Tenggara

Kaldera gunung api Papandayan di kabupaten Garut, Jabar, merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan kondisi tekstur dindingnya sangat menakjubkan bahkan paling spektakuler bertengger pada ketinggian diatas 2.400 meter lebih, dibandingkan dengan yang dimiliki kaldera pegunungan lainnya.

Demikian diungkapkan Ronald Hayes(48), peneliti dari Harvard University yang tengah menghabiskan sisa waktu liburnya, kepada garut.go.id menyebutkan Jumat, kekagumannya setelah menapaki lintasan tepi kaldera tersebut ternyata memiliki garis tengah sepanjang satu kilometer lebih, yang merupakan proses dampak letusan sejak beberapa ratus tahun lalu.

Gunung Papandayan, sekitar 29 km arah selatan pusat kota Garut sejak letusan terakhir beberapa tahun lalu, hingga kini masih menyisakan jutaan meter kubik lahar dingin yang bertebaran nyaris di seluruh tebing dan lerengnya.

Di kawasan puncak gunung itu masih bisa diketemukan sejumlah serpihan posil kayu yang sudah membatu, akibat tertimbun material bekas letusan ratusan tahun lalu memporak-porandakan beragam jenis vegetasi di sekitarnya, sedangkan jenis vegetasi yang hingga kini masih bisa banyak diketemukan berupa pohon contigi dan bunga abadi endelwais.

Menurut Hayes, panorama gunung ini jauh lebih indah dibandingkan kawasan wisata gunung Tangkuban Perahu, tapi ironisnya pengelolaannya tidak seprofesional wisata Tangkuban Perahu padahal di kawasan puncak gunung Papandayan sangat mungkin digali dan dimanfaatkan sumber air panas yang benar-benar alami.

Malahan kata dia, disinipun bisa diketemukan endapan belerang berkualitas tinggi yang berlimpah -ruah, selain itu kemungkinan besar memiliki potensi geothermal (panasbumi) berkadar air sangat rendah dan paling bagus jika digunakan untuk pembangkit energi perlistrikan, meski untuk memanfaatkan diperlukan investasi besar-besaran serta penerapan teknologi tinggi, ujar Hayes menambahkan.

Sedangkan potensi lainnya antara lain berupa satwa liar seperti macan tutul, rusa, trenggiling serta kucing hutan, disamping terdapat bberapa spisies ular yang merupakan kekayaan plasmanuftah cukup langka dimiliki pada zona gunung api lainnya di dunia.