placeholder for flash movie
Minggu, 20 April 2014   English | Sunda
assalamu'alaikum. Hapunteun nu kasuhun. abdi warga…
Asslamualaikum.. mau tanya adakah lowongan kerja…
assalamualaikum adakah diantara pengunjung buku tamu…
assalamu'alaikum wr wb. salam sejahtera untuk…
SMS
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
Penghargaan
Sindikasi
rss2 berita
Raskin Kurangi Beban Keluarga Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pokok

Tujuan evaluasi untuk mengontrol serta memberikan pembelajaran sehubungan dengan pelaksanaan program Raskin (Beras untuk Rumah Tangga Miskin) demikian disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Garut, H. Budiman, SE, M.Si. pada Rapat Evaluasi Program Raskin Tahun 2011 di Ruang Rapat Setda, Rabu (16/10).

Di Kabupaten Garut, dari 2,7 juta jiwa, yang menjadi RTS (Rumah Tangga Sasaran) sebanyak 221.010 keluarga, dengan pagu 39.781.800 kg beras. Sehingga setiap RTS mendapatkan jatah 15 kg per bulan, dengan harga Rp 1.600 di titik distribusi.

Menurut Budiman, berbagai masalah yang terjadi pada pelaksanaan Program Raskin di lapangan di antaranya : adakalanya kualitas beras kurang baik, penyusutan beras saat diterima di titik distribusi, beras yang diterima kurang dari pagu raskin yang ditetapkan, adakalanya beras raskin sampai di titik distribusi saat malam hari, beras raskin tidak sampai di titik distribusi karena kendala jalan yang tidak memungkinkan dilewati, harga penjualan di atas harga yang ditetapkan, serta sering terjadi keterlambatan pembayaran.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk kelancaran program, seperti melakukan pengawalan saat pendistribusian, melakukan sosialisasi kepada pihak-pihak yang berkaitan langsung, serta melakukan penanganan masalah dengan satker raskin.

Tujuan program Raskin, menurut Kepala Bulog Sub Divre Ciamis Ali Ardi untuk mengurangi beban keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Dalam program raskin, Bulog menyediakan dan mengangkut beras sampai ke titik distribusi. Titik distribusi merupakan tempat penyerahan beras raskin yang ditetapkan pemerintah kabupaten yang dilalui angkutan umum, bisa di desa / kelurahan.

Dalam program raskin dikenal juga titik bagi, yaitu tempat penyerahan beras raskin yang diperoleh dari titik distribusi kepada para penerima (RTS). RTS merupakan keluarga yang terdapat dalam Daftar Penerima Manfaat (DPM) yang dikeluarkan desa dan disahkan kecamatan.

Navigasi
Angkutan Umum
ATM/Bank/Asuransi
Biro Jasa & Layanan Umum
Instansi Pemerintah
Jasa Wisata
Kantor Pelayanan
Keagamaan
Layanan Telematika
Organisasi Masyarakat
Perbelanjaan
Produsen Produk Khas
Sarana Kesehatan
Sarana Pendidikan
Web/Blog
April 2014
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
Stats Situs
Tautan Pilihan
spacer