garut header
Senin, 29 Agustus 2016   English | Sunda
rss2
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
assalamu'alaikum mohon informasinya, saya salah satu…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
KPU Garut Gelar Cerdas Cermat Pemilu Tingkat SMA

Sebagai upaya membangun kesadaran berpolitik bagi para pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menggelar kegiatan cerdas cermat seputar Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013, dan peraturan perundang-undangan kepemiluan, Selasa (18/9/2012).

Menurut Anggota KPU Kabupaten Garut Divisi Logistik Keuangan dan Umum, Dadang Sudrajat, cerdas cermat digelar sebagai upaya sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013, dan sosialisasi peraturan perundang-undangan kepemiluan agar para pemilih pemula bisa cerdas saat di sekolah, sekaligus juga cermat ketika di tempat pemungutan suara.

“Ini kan pengalaman pertama mereka menggunakan hak suaranya pada pemilihan umum,” kata Dadang saat ditemui INILAH.COM di kantornya, Selasa (128/9/2012).

Cerdas cermat kepemiluan, lanjutnya, diikuti sebanyak 86 peserta dari kalangan pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Garut. Baik pelajar di sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Garut, maupun Kementerian Agama Garut.

Babak penyisihan berlangsung pada 18 September 2012 di bagi atas 16 wilayah. Juara dari masing-masing wilayah, selanjutnya berhak mengikuti babak semifinal di Kabupaten Garut pada 25 September. Babak final akan digelar pada 27 September. Peserta yang menjadi juara di tingkat Kabupaten Garut nantinya berhak mewakili Kabupaten Garut, mengikuti cerdas cermat tingkat Provinsi Jawa Barat di Bandung pada 25 Oktober.

Peserta cerdas cermat yang masuk juara empat besar di tingkat Kabupaten Garut berhak mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan. Juara I memperoleh uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta, juara II Rp2 juta, juara III Rp1,5 juta, dan juara IV Rp1 juta.

“Kita berharap semua sekolah ikut serta. Nantinya akan membawa nama Garut untuk berlomba di tingkat Jabar. Sekolah yang mengirimkan utusannya mengikuti cerdas cermat ini pun hasil kerja keras anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Kita sesalkan minimnya respon dari Disdik Garut,” tutur Dadang.[ang]