placeholder for flash movie
Jumat, 01 Agustus 2014   English | Sunda
Assalamualaikum,Bapak / Ibu khususnya yang berwenang…
Informasi mengenai kopi preanger sangat berguna,…
Mohon informasi apakah BKD Garut telah…
Assalamu'alaikum Wr. Wb Perkenalkan, saya Yusuf,…
SMS
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
Penghargaan
Sindikasi
rss2 berita
Sekda: Perlu Penataan Matang Untuk Tanggulangi Bencana

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H Iman Alirahman,SH M.Si membuka secara resmi Lokakarya Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Daerah (RPBD) Kabupaten Garut, Kamis (31/1) di Hotel Sabda Alam Cipanas.

Acara yang diselenggarakan berkat kerjasama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut dengan International Organization for Migration (IOM) diikuti 50 perwakilan dari tiap SKPD dan pemerhati lingkungan di Kabupaten Garut.

Sekda mengatakan, Bila dilihat dari potensi bencana, Kabupaten Garut merupakan daerah dengan potensi bahaya sangat tinggi dan beragam.Tingginya tingkat kerawanan bencana tersebut, sudah barang tentu akan berdampak pada resiko bencana yang sangat tinggi. Oleh karenanya, butuh suatu penataan atau perencanaan matang dalam upaya penanggulangan tingginya tingkat kebencanaan tersebut.

Disadari semua, tegas Sekda, bahwa upaya penanggulangan bencana yang kita lakukan selama ini, belum didasarkan pada langkah-langkah sistematis dan terencana. Sehingga seringkali terjadi tumpang tindih dalam upaya penanganannya, atau bahkan sering terdapat upaya penting tidak dapat tertangani.

Dalam sambutannya Sekda berharap, dalam mengurangi kerentanan dan meningkatnya ketahanan masyarakat terhadap bencana alam, melalui lokakarya ini dapat disusun suatu rencana komprehensif tentang penanggulangan bencana daerah yang dapat dijadikan model.

Sebagaimana diketahui, beberapa potensi kebencanaan di kabupaten Garut antara lain adalah gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, kebakaran pemukiman, angin badai, wabah penyakit, kegagalan teknologi maupun konflik-konflik sosial merupakan berbagai potensi kebencanaan yang ada di Kabupaten Garut.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Garut Drs. Zat Zat Munajat,M.Si menyampaikan kegiatan lokakarya ini merupakan tahapan dalam penyusunan rencana penanggulangan bencana.  Tujuannya adalah untuk mencapai kesepahaman dan kesepakatan diantara Pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam upaya penyusunan rencana penanggulangan bencana daerah (RPBD) Kabupaten Garut.

Langkah penyusunan RPBD ini antara lain melalui identifikasi dan penilaian bahaya; penilaian kerentanan bahaya kepada masyarakat; analisis resiko; prioritas dalam upaya RPB; penentuan mekanisme sampai pada penugasan, fungsi dan alokasi sumber dana.

Navigasi
Angkutan Umum
ATM/Bank/Asuransi
Biro Jasa & Layanan Umum
Instansi Pemerintah
Jasa Wisata
Kantor Pelayanan
Keagamaan
Layanan Telematika
Organisasi Masyarakat
Perbelanjaan
Produsen Produk Khas
Sarana Kesehatan
Sarana Pendidikan
Web/Blog
August 2014
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
Stats Situs
Tautan Pilihan
spacer