garut header
Selasa, 03 Mei 2016   English | Sunda
rss2
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
assalamu'alaikum mohon informasinya, saya salah satu…
Assalamualaikum Sampurasun Ku reueus ninggali kamajuan…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Longsor Hancurkan Rumah Warga

Rumah milik Wardan (40) di Kp. Cigembong, Desa Mekarmulya, Kec. Talegong, Kab. Garut, Selasa (12/3) sore, hancur terseret longsor. Peristiwa itu juga menyebabkan tiga rumah rusak ringan dan enam rumah lainnya di Kp. Batramala nyaris tertimbun.

“Tebing longsor akibat diguyur hujan deras yang turun sejak pukul 13.30 WIB hingga sore hari. Sekitar pukul 15.30 WIB, tebing dengan lebar dan tinggi puluhan meter itu longsor dan menyeret rumah seorang warga hingga ambruk. Untungnya, Wardan kepala keluarga berhasil menyelamatkan anak istrinya,” jelas Camat Talegong, Nurodin saat dihubungi “GM”, Rabu (13/3).

Tebing longsor juga tidak hanya merusak rumah milik Wardan, melainkan juga rumah warga lainnya yang berada di sekitar tebing. Tercatat sebanyak tiga rumah mengalami rusak ringan, serta enam rumah lainnya di Kampung Batramala nyaris tertimbun.

Akibat kehilangan tempat tinggal, Wardan yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani bersama anak istrinya untuk sementara mengungsi di rumah saudaranya. Wardan juga berhasil menyelamatkan sejumlah perabotan dan barang lainya dari dalam rumah yang tertimbun tanah.

Lebih jauh Norudin mengatakan, sebelumnya longsor juga terjadi di Kampung Cilamping, Desa Sukalaksana, Kec. Talegong, Jumat (15/2). Akibat longsornya tebing sepanjang dua kilometer dengan ketinggian sekitar 100 meter, enam rumah terancam karena letaknya sangat dekat dengan lokasi longsor. Untuk antisipasi bahaya longsor susulan, para korban diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana BPBD Kab. Garut, Zatzat Munazat mengatakan, pihaknya telah mengirim tim ke lokasi longsor untuk mendata dan memberikan bantuan logistik kepada para korban longsor. BPBD juga akan memberikan bantuan berupa bahan baku pembuatan rumah bagi 10 keluarga yang terdiri dari 30 jiwa.

“Saat ini kami akan melihat kondisi longsor terlebih dulu. Jika dibutuhkan, kami akan mengundang petugas dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk menganalisis longsor,” jelas Zatzat.