garut header
Senin, 30 Mei 2016   English | Sunda
rss2
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
assalamu'alaikum mohon informasinya, saya salah satu…
Assalamualaikum Sampurasun Ku reueus ninggali kamajuan…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Pengadilan Negeri Garut Tidak Lagi Tangani Akte Kelahiran

Masyarakat kabupaten Garut merasa gembira adanya pembuatan akta kelahiran usia 1 tahun ke atas tidak lagi melalui Pengadilan Negeri Garut , hanya cukup di Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil Kabupaten Garut H Darsani ,M,Si .di temui medikom di kantornya Jumat (10/5/2013) mengatakan .  pembuatan akta kelahiran diatas 1 tahun sudah dimulai dilaksanakan di Kependudukan dan Pencatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Garut.

Hal itu berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi yang membuat akta kelahiran tidak melalui Pengadilan Negeri Garut lagi, mulai 1 Mei 2013 ,aturan ini pasca keluarnya keputusan MK yang menganulir pasal 32 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan tetapi hanya cukup diproses di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Garut di Jalan Patriot No 12 Garut.

Darsani menambahkan, pengadilan Negeri Garut masih mempunyai kewajiban menyelesaikan permohonan yang membuat akte kelahiran sebelum putusan MK di keluarkan , untuk itu Kepada Pengadilan Negeri Garut supaya cepat di selesaikan karena yang membuat akte kelahiran tersebut sangat membutuhkan .

Karena Akta kelahiran sangat penting bagi seseorang , dengan adanya akta kelahiran mendapat pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum karena dirinya telah tercatat oleh negara, sehingga akta tersebut akan menimbulkan hak dan kewajiban hukum, status pribadi, dan status kewarganegaraan seseorang .

Syarat pengajuan penetapan akta kelahiran sebagai berikut :

- Surat Keterangan dari Desa (Komsen)
- Fhoto copy KTP .Fhoto copy KK ( kartu keluarga)
- Fhoto copy Akta Nikah
- Fhoto copy KTP dua lembar dua orang saksi

(KUS medikom)