garut header
Kamis, 30 Juni 2016   English | Sunda
rss2
assalamualaikum, upami bade magang di dinas…
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
assalamu'alaikum mohon informasinya, saya salah satu…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Kemendikbud Gelar Film Inspiratif di Garut

Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) di tahun 2013 ini menggelar “Persemaian Nilai Budaya - Nonton Bareng Film Inspiratif” di 30 kota di seluruh Indonesia . Untuk Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Garut menjadi titik pertama persinggahan kegiatan inspiratif tersebut.

Dalam rilis yang diterima klik-galamedia.com, Senin (24/6/2013), kegiatan yang bertema “Film Berkarakter, Inspirasi Kita” ini diselenggarakan pada Minggu, 23 Juni 2013 di GOR SAS Garut. Acara ini dibuka oleh Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Drs. Endjat Djaenuderadjat dan turut dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah SE MM.

“Program ini memang memiliki sasaran daerah - daerah yang belum memiliki sarana gedung bioskop (theater). Dari faktor inilah Kabupaten Garut terpilih menjadi salah satu titik persinggahan Kegiatan Nonton Film Inspiratif tersebut,” ujar Endjat.

Sedangkan Tujuan dari Program “Persemaian Nilai Budaya - Nonton Bareng Film Inspiratif” ini, katanya, antara lain untuk memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik dan masyarakat setempat menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program tersebut. “Tujuannya yakni membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film,” paparnya.

Kemendikbud RI, kata Endjat, saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Acara, ungkapnya, dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum. Pada pementasan di Garut ini dihadiri 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Kabupaten Garut adalah “Surat Kecil Untuk Tuhan” untuk sesi guru, “Pasukan Kapiten “ untuk sesi siswa dan “Tampan Tailor “ yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Selain menonton film, katanya, acara ini juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan Desak Made Hughesia Dewi , SPd atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Hughes, serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain Bebi Hasibuan (Penulis Skenario “Surat Kecil Untuk Tuhan“) , Ristanto Yasin (Associate Producer “Pasukan Kapiten“) dan Adrina Putri (Artis Cilik “Pasukan Kapiten“).