garut header
Rabu, 04 Mei 2016   English | Sunda
rss2
aslkm.bade naroskeun upami prosedur ngadaamel surat…
Situs yang bagus, sangat bermanfaat. saran…
assalamu'alaikum mohon informasinya, saya salah satu…
Assalamualaikum Sampurasun Ku reueus ninggali kamajuan…
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain
Jadwal Imsakiyah
rss2 berita
Kuramasan, Tradisi Yang Harus Dilestarikan

Ratusan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, Senin (08/7) pagi, mengikuti acara silaturahmi dan pengajian jelang bulan Suci Ramadlan 1434 H, di Masjid Attauhid Komplek Sekretariat Pemda Garut.

Bertindak sebagai penceramah pada acara yang sering disebut “kuramasan“tersebut KH EZ Muttaqin, Pimpinan Pondok Pesantren An-nur Kecamatan Cilawu. Hadir Bupati Garut Agus Hamdani, Sekda Garut H Iman Alirahman beserta para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Garut.

KH EZ Mutaqin atau sering di sebut mama Engking, menyampaikan tradisi kuramasan ini selayaknya dijadikan tradisi bila menjelang bulan ramadlan, sebab pada moment tersebut terkandung tradisi mulia di kalangan umat Islam Indonesia.

Sesuai dengan anjuran sebagimana diriwayatkan, ujar mama Engking, bulan ramadlan bila diibaratkan tamu adalah “tamu agung” yang membawa berbagai kemulian dan berlipat lipat pahala bagi orang-orang yang beriman. Oleh karenanya sudah selayaknya kita yang kedatangan menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Bulan ramadlan adalah bulan tarbiyah atau bulan pendidikan, bila kita menginginkan prestasi terbaik dan mendapatkan penilaian terbaik pula, maka semestinya kita bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Oleh karenanya kita haruslah isi bulan tersebut dengan amalan-amalan yang baik, seperti meningkatkan berbagai amaliah ibadah.