Polantas Garut Sholat Dhuha Bareng Pelajar

Polisi lalu lintas biasanya sering dijumpai di jalanan. Namun di Garut, polantas blusukan ke sekolah-sekolah untuk mengajak sholat Dhuha.

Polisi blusukan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Garut dan SMPN 2 Garut yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota. Di lapangan terbuka, sebelum jam belajar dimulai, mereka melaksanakan sholat dhuha berjamaah bareng siswa dan para guru.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Raden Erik Bangun mengatakan program ini rutin dilakukan anggotanya setiap hari kerja.

“Program ini dijalankan oleh Unit Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa). Kami berkeliling ke setiap sekolah dan sholat dhuha bareng anak-anak di sini,” ungkap Erik di MAN 1 Garut, Senin (9/10).

Setiap harinya, ada dua sekolah yang dikunjungi oleh polisi. Sekolah yang dikunjungi kebanyakan adalah SMP dan SMA sederajat di Garut. Erik mengatakan program ini bertujuan untuk lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat, khususnya kalangan pelajar.

“Sholat dhuha itu kan ajaran dalam Islam. Jadi apa salahnya ketika polisi dan pelajar berdoa bersama memohon keselamatan dan kelancaran,” katanya.

Setelah sholat dhuha selesai, polisi dan para siswa tersebut mendengarkan tausiyah dari ustaz yang sengaja didatangkan. Kemudian polisi juga tak lupa untuk menyampaikan sejumlah materi kepada siswa.

“Yang kita sampaikan adalah tentang keselamatan berkendara dan aturan-aturannya. Kita juga menanamkan kepada siswa agar selalu taat aturan saat berkendara. Apalagi kan siswa SMA yang diatas 17 tahun bisa memperoleh SIM, jadi kita kenalkan dulu aturan berkendaranya sejak awal,” pungkasnya.