PMI Garut Gelar Jumbara ke 2 Tingkat Kabupaten Garut

Palang merah indonesia (PMI) cabang kabupaten Garut melakukan kegiatan Gelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke 2 tingkat kabupaten Garut yang diikuti oleh 1000 anggota Palang Merah Remaja (PMR) dari 42 sekolah yang berada di Garut Selatan. Sebanyak lima kecamatan diantaranya kecamatan Pameungpeuk, talegong, Caringin, Cisewu dan Bungbulang, bertempat di lapang sepakbola Purbayani kecamatan caringin, Jumat (12/01/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Garut yang sekaligus Ketua PMI Kabupaten Garut dalam sambutannya menyampaikan, Jumbara menjadi salah satu ajang silaturahmi dan pembinaan generasi muda. Dinamika PMI terus berkembang seiring dengan tuntutan masyarakat dan lembaga. Semangat generasi muda diarahkan mampu menempatkan diri sebagai “agen perubahan” dalam gerakan kemanusiaan.

“Filosofinya adalah generasi muda akan menjadi panutan dalam proses perubahan, berperan mengkomunikasikan dan mendorong partisipasi pihak-pihak yang menjadi target dalam perubahan,” tandas wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, dalam acara Jumbara ke 2 ini, Generasi Muda PMI yang tergabung dalam anggota PMR di Kabupaten Garut untuk dapat berkompetisi sekaligus evaluasi pembinaan PMR di sekolah mereka saling bertukar pengalaman dalam pembinaan PMR di sekolah sehingga akan ada strategi baru dalam meningkatkan kualitas manajemen pembinaan PMR kedepan.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar PMI baik para pengurus, relawan dan anggota remaja untuk mengintrospeksi diri, apakah PMI sudah ada dihati masyarakat, yang selanjutnya kita akan menata diri untuk melangkah kedepan lebih baik dari sekarang,” ungkapnya.

Menurut Ketua pelaksana kegiatan Agus supriatna S.Pd, M.Pd, menyebutkan, selama kegiatan berlangsung para peserta akan mengikuti berbagai event yang terbagi menjadi 2 yakni Regu dan Kontingen. Untuk kegiatan Regu, terdiri dari Travelling Kepalangmerahan, Cerdas Tangkas, Speech Contest, Kreasi Remaja dan penyuluhan Donor Darah. Sedangkan kegiatan kontingen terdiri dari Latihan Bersama, Bhakti Sosial dan karnaval, Outbond dan Olah Raga, Mading dan Pentas Seni.

“Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan persahabatan antar anggota PMR, meningkatkan pengetahuan dan Keterampilan, jiwa kepemimpinan, kepedulian sosial bagi sesama dan kesetaraan gender,” pungkasnya.