garut header
Minggu, 30 April 2017   English | Sunda
rss2
:: Menu Utama Khas Daerah

Acara Khusus

Seni Ketangkasan Laga Domba

  Ketangkasan laga Domba adalah suatu permainan rakyat yang diiringi oleh kesenian tradisional kendang pencak untuk menampilkan suasana.
Ketangkasan Laga Domba mempunyai nilai estetis pada saat domba mengambil ancang-ancang dan terjadi benturan pada kepalanya. Selain itu Domba Adu mempunyai badan yang kokoh, indah lincah dan gerakan-gerakan yang sangan bagus saat bertanding.
Ketangkasan Laga Domba biasanya dilaksanakan pada Bulan Juni, Agustus dan Desember di tiga tempat yaitu Ngamplang, Cangkuang dan Rancabango.
     
Pesta Cai/Lomba Rakit di Situ Cangkuang
 

Pesta Air Cangkuang merupakan kegiatan rutin dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun kemerdrkaan RI. Adapun kegiatan yang ditampilkan adalah lomba rakit tradisional, lomba tangkap bebek, tebutan dan lain-lain serta diiringi dengan pementasan kesenian tradisional calung atau pencak silak, biasanya dilaksanakan pada Bulan Agustus.

 

Upacara Ngalungsur di Makam Godog

  Ngalungsur adalah proses upacara ritual dimana barang-barang pusaka peninggalan Sunan Rohmat ( Sunan Godog ). Setiap setahun sekali dibersihkan atau dicuci dengan air bunga-bunga dan digosok dengan minyak wangi supaya tidak berkarat, biasanya dilakukan setiap tanggal 12 bulan Mulud. Selain itu ada pertunjukan berbagai kesenian khas Garut.
     

Festival Begendit

  Festival Bagendit adalah suatu pesta rakyat yang diadakan setiap tahun. Berbagai jenis kesenian ditampilkan baik kesenian tradisional seperti Lais, Debus, Hadro dan lain sebagainya ataupun kesenian modern. Selain itu olahraga air juga dipertontonkan atau di lombakan.
 

Festival Kesenian Helaran

  Pegeralaran Seni Helaran adalah bentuk pertunjukan berbagai jenis kesenian daerah yang pernah hidup dan berkembang dari Kota Garut baik yang masih utuh, murni serta yang sudah dikembangkan kemudian divisualisasikan dengan berjalan berupa iring-iringan dimana yang dijadikan penggunanya adalah jalan raya. Helaran dilaksanakan pada bulan Maret dan bertepatan dengan Hari Jadi Kota Garut.
 
Upacara "Seba" di Makam Ciburuy
  Upacara Seba adalah suatu pengabdian kepada seseorang yang berkedudukan tinggi dengan disertai penyerahan suatu yang baik. Adapun penyerahan itu ditujukan kepada arwah-arwah lelehur, yaitu arwah Prabu Siliwangi dan Kian Santang, karena kedua tokoh tersebut mempunyai ilmu dan kesaktian yang tinggi, maka benda-benda peninggalannya merupakan benda pusaka yang mempunyai kekuatan gaib yang bertuah.
Upacara tradisional seba jatuh pada setiap hari Rabu Minggu ke 3 bulan Muharam pada malam kamis jam 19.30 atau ba’da isya di situs Kabuyutan Cuburuy.
 
Hajat Laut Pangidulan
  Hajat Laut Pakidulan merupakan pesta rakyat dan pagelaran seni, biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober di Pantai Santolo ( Pemeungpeuk ).
 
Mojang Jajaka
  Merupakan ajang kreatifitas generasi muda yang memiliki rasa cinta terhadapseni dan nilai luhur budaya daerah dan mampu ditampilkan sebagai duta pariwisata Kota Garut. Pemilihan Mojang dan Jajaka biasanya dilaksanakan pada bulan Juli.
Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain