• Bahasa

Angka Stunting Di Kabupaten Garut, Selama 3 Tahun Terakhir Alami Penurunan

19 Nov 2020 Hanapi 90

GARUT, Tarogong Kidul – Angka Stunting di Kabupaten Garut alami penurunan cukup signifikan selama 3 tahun terakhir.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, dr. Tri Cahyo Nugroho, Kamis (19/11/2020), mengatakan, pada tahun 2017 angka Stunting di Garut mencapai angka 43.2 persen.

“Di Kabupaten Garut tahun 2017 pernah dilakukan survei Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar), dan angkanya cukup mencengangkan yaitu mencapai 43,2 persen. Bagi kami, Pemerintah Kabupaten Garut khususnya Dinas Kesehatan sangat kaget dengan angka itu, tapi tentunya kekagetan itu tidak cukup ya, harus disertai upaya-upaya nyata berbagai lintas sektor lintas program untuk secara cepat menurunkan privalensi stunting di Kabupaten Garut.” ujar Tri saat ditemui di Kantor Dinkes, Jalan Proklamasi No. 7, Kabupaten Garut.

Terkait hal tersebut, lanjut Tri, pihaknya kemudian membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Stunting yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri Repubik Indonesia.

“Maka dibentuklah namanya Satgas Stunting yang sudah digaet oleh Menteri Dalam Negeri kita membuat namanya 8 Aksi Konvergensi Stunting, tentunya bukan hanya Dinas Kesehatan kita dikoordinir oleh BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Peternakan, ada di bagian Hukum juga ada, semua dinas-dinas kita berkumpul dalam Satgas Stunting, untuk melakukan program kegiatan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Tri menyampaikan, adanya program tadi cukup signifikan dalam membantu penurunan kasus Stunting, hal ini dapat dilihat dengan angka Stunting di Kabupaten Garut pada tahun 2019 yang hanya mencapai 27,03 persen.

“Secara angka hasilnya cukup signifikan sekali, di 2017 kita di diklaim sebagai Stunting sangat tinggi dengan 43,2 persen, di 2018 hasil survei kita sudah turun di angka 34,2 persen, (dan) di 2019 kita sudah ada di angka 27,03 persen,” ungap Tri.

Tri mengatakan, meskipun angkanya masih belum mencapai target  14 persen, namun menurutnya progres penurunan sudah sangat bagus.

“Memang masih tinggi angkanya itu ya dibandingkan dengan target pemerintah pusat, target pak Bupati bahwa kita Zero Stunting. Zero Stunting itu ada diangka 14 persen artinya masih tinggi tapi progress penurunannya sudah sangat baik sekali berkat kerja sama yang baik antar lintas SKPD bersama dengan kecamatan, desa, PKK dan para kader yang ada di masyarakat,” pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT