• Bahasa

Baznas Kabupaten Garut Sosialisasikan Pembayaran Zakat di Kantor Dinas Pendidikan

10 Aug 2018 Hanapi 167

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Garut menggelar acara sosialisasi Zakat di kantor Dinas Pendidikan, dihadiri pegawai Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SD dan SMP, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Kamis (09/08/2018).

Ketua Baznas Garut, Rd. Aas Kosasih, S.Ag, M.Si mengatakan, Sosialisasi Baznas bertujuan agar kembali mengingatkan kewajiban sebagai Umat Islam dalam melaksanakan Rukun Islam yang Ke 3 untuk membayar Zakat.

"Ini merupakan sosialisasi yang ke dua kalinya di Dinas pendidikan," ungkapnya.

Aas berharap Sosialisasi itu ada peningkatan Muzaki dari Dinas Pendidikan yang saat ini masih minim keinginannya untuk membayar Zakat melalui Baznas.

"Dinas Pendidikan setiap bulanya baru sekitar Rp.18 juta, dan ada peningkatan Rp.26 juta pada Bulan ini.

Diharapkan dengan Sosialisasi ini lebih meningkat pembayaran Zakatnya dikisaran 30% dari Total Dana 2,39 Milyar zakat di Dinas Pendidikan kabupaten Garut," kata Aas Kosasih.

Sementara itu, Unit Pelayanan Zakat (UPZ) Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ocep Sujadi memaparkan, saat ini telah disepakati penarikan Zakat dilakukan oleh bendahara Sekolah dikaitkan dengan berapa jumlah gajinya dipotong 2,5%, selanjutnya bendaraha menyetorkan ke bendahara Kabupaten Garut dari Kabupaten Langsung ke Baznas.

"Untuk para guru yang masih memiliki kewajiban perbankan tidak diikut sertakan dalam kewajiban 2,5% membayar Zakat, namun setelah urusan dengan perbankkannya terselesaikan, mereka berkewajiban membayar zakat," jelasnya.

Ocep menambahkan, perlu adanya kesepakatan para UPT, Kepala Sekolah dan para guru yang ada di Kabupaten untuk membayar zakat serta mekanisme pembayar zakat itu sendiri, sebab pegawai Dinas Pendidikan diatas 10.000 orang dengan gaji total diatas 1 triliun, seharusnya Dinas Pendidikan setiap bulannya ada milyaran uang yang masuk untuk membayar zakat, pungkasnya.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut