• Bahasa

Bupati Garut Resmikan Waserda Dan Gedung UPK DAPM Galura Bakti Cibalong

29 Aug 2018 Hanapi 333

Bupati  Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cibalong, dalam kunjungan kerja tersebut Bupati sempat mengikuti acara jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia tingkat Kecamatan Cibalong dan berbagi rejeki dengan para peserta jalan sehat, terutama kepada anak-anak dan orang tua jompo, Rabu (29/08/2018).

Selain itu dalam kunjungan kerja tersebut Bupati meresmikan Warung Serba Ada (Waserda) Si Kompak dan Gedung Unit Pengelola Keuangan (UPK) Dana Amanat Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Galura Bakti Cibalong yang berlakosi di desa Karyamukti Kecamatan Cibalong Garut, yang dihadiri Camat Cibalong beserta forkopim Kecamatan Cibalong, Kepala Pelaksana BPBD Dadi Zakaria, Kabag Pemerintahan Setda Dadang, Plt. Sekertaris Dinas PUPR Jujun Juansya beserta jajaran PUPR, Kepala Bidang DPMD jeje, Kabid Humas pada Kominfo Ricky R Darajat, Tokoh Masyarakat, dan seluruh anggota UPK serta undangan lainnya.

Bupati Garut, dalam sambutanya didepan seluruh tamu yang hadir di ruang Rapat UPK, merasa senang dan bahagia karena UPK ini telah mampu mengembangkan program pemberdayaan yaitu mempunyai Toko Serba Ada (Toserba) yang akan membantu pinjaman Masyarakat di desa Karyamukti Kecamatan Cibalong.

”Saya mengapresiasi keberhasilan UPK Cibalong dalam mengembangkan usahanya yang saat ini telah mampu memberikan dampak positif bagi warga masyarakat Cibalong dan ini semua sebuah karya nyata warga masyarakat mempunyai tujuan yang sangat Agung, sebab akan mengurangi bank-bank keliling (Rentenir) yang selalu memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi, sehingga memberatkan para Nasabah," kata Rudy.

Rudy Gunawan menjelaskan, dirinya menyakini bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari SDM yang baik dan pengelolaan manajemen yang baik pula, dengan disertai oleh Sumber Daya Manusia yang amanah dan jujur sehingga mampu berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

”Pengurus UPK ini sangat luar biasa, tanpa Kejujuran dalam memegang amanah yang dikelola,niscaya keberhasilan akan ada, yang ada malah kehancuran, tetapi melihat Perkembangan UPK DAPM Galura Bakti Cibalong Saya optimis dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kecamatan Cibalong," tambah Rudy Gunawan.

Lebih lanjut Rudy berharap, Waserda Si Kompak menjadi salah satu suplayer program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dalam memenuhi kebutuhan program itu dengan dukungan BNI sebagai Mitra Kerja.

”Saya berharap, kedepan harus bisa menjadi Suplayer kan bagus, antara Si Kompak dan Si Combo bisa berjalan beriringan, Saya menghimbau juga kepada warga masyarakat Cibalong untuk berbelanja di Waserda Si Kompak karena keuntungan dari warung ini selain dikelola oleh masyarakat, dan hasilnya pun akan kembali lagi dinikmati juga oleh masyarakat Cibalong,” sebutnya.

Ketua UPK Gapura Bakti Cibalong, Enjang Rukasa, dihadapan Bupati Garut memaparkan, sejak berdiri pada Tahun 2001 hingga sekarang, UPK Cibalong terus berkembang dengan cukup signifikan.

”Di awal pembentukan hanya beranggotakan kurang dari 100 Orang, tapi di tahun sini UPK Cibalong sudah beranggotakan lebih dari 3000 orang dengan 298 kelompok," papar Enjang.

Untuk Tahun 2017 ujar Enjang, UPK Gapura Bakti mendapat Surplus mencapai Rp. 1.170.422.301 Milyar Rupiah, dari hasil surplus itu kami bersepakat untuk digunakan di bidang sosial melalui kegiatan Bea siswa SD dan SMP, modal dagang bagi warga miskin dan memberikan intensif bagi guru ngaji.

”Saat ini kami akan menyerahkan Bea siswa kepada siswa SD dan SMP serta memberika permodalan dagang”, ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Camat Cibalong Ahmad Mawardi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Garut yang telah hadir dan meresmikan langsung Waserda Si Kompak dan Gedung UPK DAPM Cibalong.

”Saya sangat terharu dan mengucapkan banyak terima kasih Saya kepada Bupati Garut yang telah hadir dan berkenan untuk meresmikan Waserda Si Kompak dan gedung UPK DAPM Cibalong, semoga dengan kehadiran Bupati Garut menambah motivasi besar bagi Kami untuk lebih maju dan berkembang,” ucap Ahmad Mawardi.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut