• Bahasa

Diskominfo Garut Sosialisasikan Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut (SIDOGAR)

27 Jun 2018 Hanapi 238

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Garut pada hari Senin 26 Juni 2018 mengadakan sosialisasi Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut (SIDOGAR), bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Garut.

SIDOGAR merupakan Sistem dokumentasi informasi yang menyangkut keterbukan publik, agar warga masyarakat benar-benar mengetahui sekecil apapun Informasi yang ada pemerintahan yang menyangkut Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).


Dalam sambutanya Kadiskominfo Garut, H. Nurdin Yana, mewakili Bupati Garut, H. Rudy Gunawan menyampaikan Sosialisasi SIDOGAR bertujuan untuk keterbukaan publik yang menyangkut informasi dan dokumentasi kepada masyarakat.

"Implementasi SIDOGAR akan di terapkan diberbagai Instansi Pemerintah supaya terbuka, dan setiap instansi pemerintah melalui PPID bisa menjelaskan semua, apa yang perlu dan harus di sampaikan ke pada publik," kata Nurdin Yana.

Nurdin mengharapkan, dengan adanya media SIDOGAR dan PPID akan menjadi media publik yang bisa terbuka di setiap saat sesuai ke inginan pemerintah yang sudah di Undang-undang-kan, agar menjadi kewajiban yang harus di sampaikan, baik langsung maupun melalui media atau website yang sudah di sediakan oleh pemerintah atau pun membuat sendiri.

"SIDOGAR merupakan indikator media informasi publik yang sudah di buat dalam wadah website pemerintah Garut dengan alamat www.garutkab.go.id khusus untuk berita yang menyangkut pemerintahan dalam bidang pembangunan dan infrastruktur di wilayah pemerintahan kabupaten Garut," jelasnya.


Lanjut Nurdin, Kreasi inovasi hasil karya Kominfo Garut yang sudah mendapat penghargaan dari pemerintah provinsi Jawa Barat, dan sudah di implementasikan dengan Undang-undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Kami sangat bangga akan inovasi SIDOGAR ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mengapresiasi dengan memberi penghargaan," ungkap Nurdin.

Sementara itu, Komisi pemerhati, Ijang Faisal menjelaskan, Informasi publik adalah informasi yang di hasilkan disimpan di kelola dikirim. Baik pemerintah ataupun swasta eksekutip dan yudikatif, yang semuanya harus membuka akses keterbukaan sekecil informasi buat masyarakat.

Ijang meyampaikan bahwa Komisi informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan Undang-undang keterbukan informasi sesuai dengan Undang-undang yang bersangkutan dengan menyelewengkan aturan negara.

Lanjut Ijang, menyangkut PPID sebagai seorang yang mempunyai kopetensi di bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi dan dibantu dengan pejabat fungsional.

"Kedepanya apabila mau menjabat sebuah wilayah harus menguasai berbagai informasi yang menyangkut PPID," pungkasnya.

Sebelumnya Kadiskominfo, H. Nurdin Yana, melakukan penandatanganan sistem Informasi Dan Dokumentasi Garut (SIDOGAR) hasil karya Inovasi Kominfo Garut untuk di ajukan menjadi Undang-undang agar memperkuat semua berita pemerintah Kabupaten Garut, disaksikan oleh para Kabid dan Kasi serta seluruh pegawai Kominfo Garut.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut