• Bahasa

Pemkab Garut Tahun Ini Targetkan Sistem SAKIP Predikat BB

4 Sep 2018 Hanapi 200

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah (SAKIP) 2017 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah kabupaten Garut, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Garut, Selasa (04/09/2019).

Menurut Wakil Bupati Garut, target capaian Pemerintah Kabupaten Garut terkait Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan nampaknya semakin hari semakin memberikan harapan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Intasi Pemerintah (SAKIP) yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) terus mengalami peningkatan dari tahun tahun sebelumnya.

"Selama kepemimpinan kami bersama Bapak Bupati H. Rudy Gunawan, Pemerintahan Kabupaten Garut dua kali sudah Pemerintah Kabupaten Garut mengalami penilaian SAKIP yang baik dari yang sebelumnya mendapat predikat CC, terakhir predikat B dapat diraih oleh Pemerintahan Kabupaten Garut," ungkap Helmi.

Untuk itu, imbuhnya, dalam upaya menjalankan pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Pemkab Garut tahun ini menargetkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Intasi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB.

“Langkah pengendalian tersebut, adalah setiap kepala SKPD akan di minta untuk menghasilkan Nilai SAKIP SKPD-nya Baik, kepala SKPD nantinya mampu menyusun Kinerja dan menetapkan Indikator kinerja utamanya dengan berorientasi kepada hasil, bukan kepada kepentingan keinginan saja”, ujarnya.

Helmi menambahkan, dalam menyusun Rencana Anggaran SKPD harus efisien, karena inefisiensi yang ditolelir paling besar 20%, dan rincian kegiatan yang ada di dalam RKA harus sesuai dengan ketentuan penganggaran.

”Setiap kepala SKPD harus mampu membuat laporan secara berkala atas kinerja SKPD nya”, tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Sekda Garut Hj. Yatie Rohayati, Inspektur Daerah Widiana, para Sekretaris dan Kasubag Evlap masing-masing SKPD.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
Pemkab Garut
pemkab_garut