• Bahasa

Petugas Gabungan Gelar Operasi Ramp Cek Angkutan Umum Jenis Elf

18 Dec 2019 Hanapi 770

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut dan Satlantas Polres Garut, menggelar operasi Ramp Cek menjelang libur Natal dan Tahun Baru dengan target sasaran kendaraan angkutan umum jenis elf di Terminal Guntur Garut, Rabu (18/12/2019).

"Dari 20 kendaraan angkutan umum jenis elf yang diperiksa, dua diantaranya dilarang beroperasi karena tak memenuhi kelaikan berkendara. Bahkan satu elf di antaranya sangat membahayakan penumpang karena remnya blong," ungkap Kepala Dishub Garut, Suherman Mustofa.

Menurut Suherman, pihaknya dan Polres Garut pun sudah melakukan teguran keras kepada sopir elf tersebut, dan untuk sementara kendaraan angkutan umum tersebut tidak diperbolekan beroperasi dulu sebelum diperbaiki.

"Remnya tidak berfungsi sehingga kami minta tak beroperasi, harus diperbaiki dulu, baru boleh mengangkut penumpang lagi," ucapnya.

Sementara satu elf lainnya, lanjut Suherman, dilarang beroperasi karena tak melengkapi surat kendaraannya. "Selain itu, kir elf tersebut juga sudah kadaluarsa sehingga harus diurus dulu sebelum kembali beroperasi mengangkut penumpang," ujarnya.  

Suherman menyebutkan, bila masih ditemukan ada angkutan umum yang membandel, maka pihaknya tak segan untuk menahan dan mengandangkan kendaraan tersebut karena bisa membahayakan keselamatan penumpang.  

"Daripada membahayakan nyawa penumpang, lebih baik menghentikan operasionalnya," ucapnya.

Ia menambahkan, di masa libur akhir tahun ini pihaknya juga sudah memetakan jalur-jalur yang menuju ke sejumlah lokasi objek wisata, terutama menyiapkan rambu lalu lintas dan lampu penerangan.

"Dari sekarang kami data mana yang kurang biar segera dipasang, jadi jangan sampai nanti wisatawan tersesat karena kurang penunjuk arah," ujarnya.

Suherman juga menyebutkan, pihaknya akan memfungsikan Jalan Lingkar Leles untuk mengurai kepadatan kendaraan. "Yang pasti, untuk sarana dan prasarana jalan alternatif itu sudah terpasang," kata Suherman.

Ditambahkan Suherman, untuk kenyamanan pengendara, kita juga akan bongkar tiang listrik yang berada di tengah jalan, tepatnya di perempatan Jalan Leles-Leuwigoong," katanya.  

"Di sana ada tiang listrik yang berada di tengah jalan tepatnya di perempatan Jalan Leles-Leuwigoong, secepatnya kita bongkar untuk kenyamanan pengendara," pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT