• Bahasa

SMP Negeri 2 Cikajang Gelar Lomba LKBB Tingkat SD/MI Kabupaten Garut

19 Jan 2020 Hanapi 649

Sebanyak 22 peserta pelajar mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB), Tingkat SD/MI kabupaten Garut Open se-Jawa Barat, yang diselenggarakan dihalaman Sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 2 Cikajang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, Minggu (19/01/2020).

Dalam kegiatan tersebut bertemakan ”Membentuk Generasi Cerdas Yang Berprestasi Sejak Dini Menuju Indonesia Maju”, dan dihadiri Forkopim Kecamatan Cikajang, Wakil Manajer PTPN Nusantara 8 Prayugi Firmansyah, Para orang tua serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Garut Drs. Totong, M.Si, Forkompimcam Cikajang, Korwil Pendidikan, Perwakilan PTPN VIII Nusantara Cisaruni, Kepala SMPN 2 Cikajang Wawan, S.Pd., M.Pd, Komite SMPN 2 Cikajang, kepala sekolah, guru, dan yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kadisdik Garut Totong, usai acara menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan, yang mana ini adalah bagian daripada penguatan karakter siswa.

“Ini sangat luar biasa dan semangatnya, kegiatan seperti di satuan pendidikan harus dorong dalam rangka penguatan karakter dengan ekstrakurikuler seperti ini,” ucapnya.



Totong menjelaskan, dari kegiatan LKBB ini banyak manfaat yang didapat, diantaranya untuk kesehatan, menghindari kenakalan siswa yang diarahkan kepada kegiatan positif, dan tiap sekolah juga harus dorong agar melakukan hal ini.

“Kami juga mempunyai program dan gerakan bagaimana pembentukan karakter sebagaimana yang di gambarkan pak Menteri yang sekarang menekankan pada penguatan karakter, termasuk penguatan di bahasa, literasi dan nomerasi, apalagi kedepan itu sudah tidak ada lagi di ujian Nasional, USBN ini pure otonomi sekolah,” ujar Totong.

Makanya, lanjut Totong, kita juga harus siap pada tiga penguatan tersebut yakni penguatan karakter, literasi dan nomerasi, karena Dinas Pendidikan ingin mendongkrak pada tiga hal tersebut,

Sementara itu, dalam keterangannya, Kepala SMPN 2 Cikajang Wawan mengharapkan para pelajar tersebut dapat terus meningkatkan sikap disiplin untuk membentuk disiplin anak lebih dini, mencetak generasi dan mampu memonitavasi para anggotanya dalam baris berbaris.



Ditambahkan Wawan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan maksud selain memperkenalkan SMPN 2 Cikajang, kegiatan ini juga untuk membentuk karakter, budaya dan rasa nasionalisme para pelajar selaku generasi penerus bangsa.

"Peserta pada lomba kali ini sebanyak 22 peserta yang berasal dari kabupaten Garut maupun luar Garut seperti Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Sumedang.

Dikatakan Wawan, Alhamdulillah kegiatan lomba LKBB ini melibatkan banyak sponsor salah satunya PTPN 8 untuk menunjang suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara, Ketua Pelaksana LKBB, Rosadi, menjelaskan, perlombaan dibagi 2 kategori yakni kategoti regional se-Kecamatan Cikajang sebanyak 12 tim dan kategori umum diikuti 10 tim. Adapun dewan juri dari Kodiklat Bandung.


“Allhamdulillah, apresiasi kegiatan yang kami selenggarakan ini didukung penuh oleh Bapak Kepala SMPN 2 Cikajang. Ini adalah hal yang positif dimana generasi-generasi muda yang cinta tanah air, jiwa yang betul-betul tangguh dan berprestasi mengarah ke lebih baik dan positif,” katanya.

LKBB kali ini awalnya dari Garuda Nusa I yang diselenggarakan tahun 2016. Pada waktu itu, evennya hanya tingkat Garut Selatan. Sekarang, lebih luas menjadi tingkat Kabupaten Garut.

“Alhamdulilah pelaksanaan sekarang ini dapat dikatakan sukses. Hampir dari setiap kecamatan ada perwakilannya. Kedepanya kami berharap kejuaran seperti ini bisa diadakan setiap tahunnya atau dua tahun sekali,” pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT