garut header
Rabu, 23 Agustus 2017   English | Sunda
rss2
:: Menu Utama Pemerintahan Aparatur


Profil Kepegawaian

Keadaan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut setelah adanya penggabungan instansi vertikal ke dalam Instansi Pemerintah Kabupaten Garut cukup memberikan andil dalam pelaksanaan otonomi daerah, karena jumlah pegawai yang dilimpahkan cukup mendukung bagi penyediaan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, tinggal meningkatkan kualitas dan profesinalisme pegawai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Sebagai gambaran umum, kondisi pada tahun 2006 jumlah aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut adalah 19.247 Pegawai Negeri Sipil, yang terdiri dari 11.130 PNS laki-laki dan 8.117 PNS perempuan.

Rasio jumlah PNS terhadap jumlah penduduk di Kabupaten Garut adalah 1: 114, artinya setiap satu orang PNS melayani 114 penduduk. Jika merujuk pada konsep standar pelayanan minimal, rasio PNS berbanding penduduk ini sangatlah efisien. Karenanya, PNS di Kabupaten Garut mengemban tugas yang berat dalam melaksanakan tugasnya.

Di samping itu, masalah utama sumberdaya aparatur dalam pengembangan otonomi adalah luasnya ruang lingkup pembangunan daerah terutama dalam rangka pelaksanaan otonomi yang belum didukung oleh kesiapan dan kemampuan aparatur pemerintah daerah secara memadai serta perangkat peraturan bagi pengelolaan sumber daya pembangunan daerah.

Tekan tuts panah kiri/ kanan Keyboard untuk berpindah ke artikel lain