• Bahasa

Belajar Daring, Desa Panjiwangi Fasilitasi Internet Gratis

18 Aug 2020 Hanapi 515

Internet sangat dibutuhkan para pelajar untuk mengikuti aktivitas belajar online yang diterapkan pemerintah selama pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Pemerintah Desa Panjiwangi, Kecamatan Tarogong Kaler, kabupaten Garut, menyediakan sejumlah fasilitas internet gratis di area depan kantor desa dengan mendirikan 4 buah Gazebo bambu sebagai ruang belajar publik.

Kepala Desa Panjiwangi, Asep Juanda mengatakan, fasilitas itu dapat digunakan siswa ataupun warga yang membutuhkan layanan internet gratis selama 1x24 jam di areal desa tersebut untuk belajar online.

Asep menjelaskan, dalam masa pandemi Covid 19, pembelajaran secara tatap muka belum diperbolehkan, otomatis siswa melakukan proses pembelajaran secara Daring. adapun kondisi yang dihadapkan sekarang yaitu akses internet belum dinikmati oleh semua warga.

"Untuk itu, desa kami berinisiatif memfasilitasi internet gratis, dan menyediakan buah 4 gazebo untuk warga dan para pelajar sebagai ruang belajar publik," ungkap Asep Juanda, saat ditemui di kantornya, Selasa (18/08/2020).



Asep menambahkan, pihak desa juga sudah siap memfasilitasi keperluan laptop dan ponsel bagi siswa yang membutuhkan guna memperlancar proses pembelajaran secara virtual, namun kami terkendala Keterbatasan biaya pembelian kuota, ataupun jaringan yang tersedia tidak bisa maksimal.

"Karena 4 buah gazebo mengcover 8 RW, karena total jumlah RW untuk desa Panjiwangi sebanyak 8 RW, minimalnya bisa mencakup 2 RW per satu gazebo," ujarnya.

Selain itu, kata asep, pihak desa sudah mengimbau kepada para pemilik jaringan internet pribadi, untuk menolong siswa sekitar yang membutuhkan wifi untuk belajar online.

"Para pelajar ini merupakan aset bangsa kedepannya, oleh karena itu kami ingin warga kami bisa melakukan aktifitas belajar secara terus menerus tanpa kendala," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT